Manfaat daun nangka bagi kesehatan, ternyata bisa bikin awet muda.

Manfaat daun nangka
Manfaat daun nangka bagi kesehatan

Sudah sejak dahulu daun nangka telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional alami. Setelah adanya sebuah penelitian, ternyata daun nangka memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu pengobatan ayurveda di india kerap menggunakan daun nangka sebagai obat alami untuk menurunkan diabetes. Mereka menyebutkan bahwa kandungan didalam daun nangka memiliki efek hipoglikemik. Efek hipoglikemik adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam tubuh menurun.

Pohon nangka atau nama latinnya artocarpus heretrophyllus merupakan tanaman yang dapat tumbuh mencapai tinggi 20-30 meter. Buah dari pohon ini sendiri memiliki rasa yang manis, sedangkan di Indonesia buah nangka muda kerap digunakan sebagai bahan makanan seperti gudeg dari jogja.

Daun nangka sendiri memiliki tipikal daun yang menyirip dan berbentuk bulat lonjong seperti telur. Pada tahun 90-an daun nangka kering kerap digunakan sebagai alat musik, mahkota, atau bandana untuk para wanita. 

Selain dari daunnya, buah dan batang pohon nangka memiliki efek anti-bakteri. Namun jika kamu ingin menggunakan pohon nangka ini sebagai antibakteri, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena jika kamu menggunakan salah satu bagian dari pohon nangka bersamaan dengan antibiotic lain yang memiliki fungsi anti-bakteri dapat menimbulkan efek samping.

Sebenarnya banya cara untuk mendapatkan manfaat dari daun nangka ini. Namun cara paling sederhana adalah dengan menjadikan daun nangka sebagai teh alami. Kamu bisa merebus daun nangka yang telah dikeringkan kemudian menyeduhnya dengan air panas. Namun pilih lah daun nangka yang berkualitas bagus agar mendapat kan manfaat yang lebih baik.

Lantas manfaat apa sajakan yang ada dalam daun nangka ini?. Berikut ulasannya:

Manfaat daun nangka bagi kesehatan:

1. Anti kanker

Anti-kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun nangka dan daun sirsak jika dipadukan dapat menyembuhkan kanker. Daun nangka dan daun sirsak memang sama sama memiliki kandungan anti kanker. Namun penelitian menyebutkan daun nangka mungkin memiliki efek anti kanker yang lebih kuat dibandingkan daun sirsak.

2. Detoks alami

Detoks atau detoksifikasi adalah menghilangkan racun yang berbahaya dalam tubuh. Pada dasarnya tubuh kita akan secara alami melakukan detoksifikasi untuk melayan racun dalam tubuh. Namun daun nangka ini akan membantu tubuh mengeluarkan zat racun.

3. Menurunkan diabetes

Daun nangka memiliki efek hipoglikemik yang dapat menurunkan diabetes. Namun tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kadar gula rendah. Sebaiknya kamu mengkonsultasikan terlebih dengan dokter sebelum menkonsumsi daun nangka ini.

4. Obat bisul

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun nangka dapat mengobati bisul. Daun nangka dapat dijadikan obat oles untuk penyakit bisul. Kamu bisa membakar daun nangka kering, jagung, dan batok kelapa kemudian abu dari pembakaran dicampur dengan minyak kayu putih lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena bisul.

5. Mengobati kardiovaskular

Daun nangka dapat mengobati kardiovaskular

Berdasarkan penelitian, daun kelor memiliki kandungan fitonutrien yang tinggi. Fitonutrien sendiri sangat bagus untuk tubuh kita karena bersifat dapat menyembuhkan penyakit. Fitonutrien pada daun nangka dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu fitonutrien juga dapat menurunkan hipertensi, mencegah osteoporosis, demam dan dapat digunakan juga untuk menyembuhkan sakit gigi. 

6. Perawatan kulit

Daun nangka dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan daun nangka juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Kandungan anti-oksidan dapat melawan efek radikal bebas yang dapat membantu kita agar tetap awet muda. 

Lalu bagaimana caranya perawatan kulit dengan daun nangka?.

Pilihlah daun nangka yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kemudian tumbuklah daun nangka tersebut sampai halus. Kemudian oleskan daun nangka ke kulit kamu. Lakukan itu setidaknya seminggu sekali atau sehari sekali.

Demikian lah artikel tenten mandaat Daun nangka. Semoga artikel ini bermanfaat. Trimakasih

Post a Comment

Previous Post Next Post