8 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Kamu Ketahui!

Lidah Buaya

Tanaman yang mungkin sering kamu jumpai ini, banyak sekali manfaatnya. Lidah buaya telah digunakan sejak berabad-abad lamanya untuk kecantikan dan juga kesehatan. Bahkan lidah buaya memiliki khasiat yang mengandung berbagai macam jenis nutrisi, oleh karena itu tumbuhan satu ini telah dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat sejak kurang lebih 4000 tahun yang lalu. 

Kandungan yang bermanfaat pada lidah buaya antara lainnya, kalsium, natrium, antioksidan, magnesium, folat, asam amino esensial glukosa, Vitamin A,B,C, dan E. Dengan banyaknya kandungan yang bermanfaat pada lidah buaya ini tentunya dapat membantu permasalahan yang mungkin sedang kamu alami. 

Berikut simak ulasan manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan.

Bermanfaat Untuk Kecantikan

1. Mengatasi kulit kering

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, mineral, enzim dan vitamin A, C dan E yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan lapisan pelindung kulit, sehingga kulit menjadi lembab. Selain itu lidah buaya juga mampu untuk meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen, dengan begitu akan membantu kulit kamu untuk memperlambat penuaan.

Daya penyerapannya pun juga cukup mudah untuk diserap oleh kulit, sangat cocok bagi kamu yang tidak suka dengan pelembab yang terlalu rich atau lama dalam proses penyerapannya.  Kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembab. Cara pakainya cukup dioleskan ke kulit dan diratakan secara perlahan. 

Selain menggunakan lidah buaya sebagai pelembab, kamu juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah. Caranya cukup oleskan lidah buaya yang sudah halus atau gelnya ke wajah secara merata, diamkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas hingga bersih. 

2. Menghilangkan jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah ialah dapat menghilangkan jerawat. Kandungan senyawa antiseptik dan asam salisilat pada lidah buaya dipercaya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan anti-inflamasi, sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang berjerawat. Gunakan cotton bud agar tetap steril. Oleskan sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam hari. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan obat anti jerawat secara bersamaan yang sudah diresepkan oleh dokter. 

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Lidah buaya sudah dikenal lama dalam membantu menyehatkan rambut. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki vitamin B12 dan folat yang berfungsi untuk membuat rambut menjadi sehat berkilau. 

Manfaat yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan lidah buaya untuk rambut antara lain, mengatasi kulit kepala yang berminyak, memperbaiki rambut rusak karena paparan sinar matahari, mengurangi rambut rontok, mengurangi rasa gatal pada kulit kepala, serta membuat rambut sehat berkilau. 

Dalam manfaat lidah buaya untuk rambut, kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Oleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan ke kulit kepala. Pijat lembut hingga ekstrak lidah buayanya menyentuh akar. Setelah itu, diamkan sekitar satu jam. Kemudian bilas hingga bersih.

4. Membersihkan make up

Manfaat lidah buaya selanjutnya ialah membersihkan makeup. Tekstur yang dimiliki lidah buaya cukup lembut, sehingga bisa digunakan dalam membersihkan makeup. Lidah buaya bisa melarutkan makeup dengan mudah, hal ini dikarenakan konsistensinya yang seperti gel. Jika kamu sedang mencari pembersih makeup yang alami dan cocok untuk kulit sensitif, maka lidah buaya bisa menjadi solusinya. 

Dalam penggunaanya, kamu dapat oleskan gel lidah buaya pada wajah, setelah itu pijat dengan lembut. Setelah dirasa makeup sudah luruh, gunakan handuk berbahan lembut yang sudah dikompres air hangat untuk membersihkannya. 

Hal yang perlu kamu ingat dalam penggunaan lidah buaya ini, pastikan kamu tidak alergi atau sensitif terhadap lidah buaya.   

Bermanfaat untuk Kesehatan 

1. Menurunkan kadar gula darah

Pada sebuah tinjauan dari delapan studi, mengemukakan jika lidah buaya dapat bermanfaat untuk pradiebetes dan diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan efek lidah buaya dalam mengontrol glikemik dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Manfaat lidah buaya untuk menurunkan kadar gula, kamu dapat mengonsumsi dua sendok makan lidah buaya setiap hari selama 2 minggu. Sebagai peringatan, hindarilah konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat diabetes. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan, karena bisa gula darah dapat turun di tingkat yang berbahaya.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Fungsi lidah buaya cukup efektif untuk menyembuhkan luka bakar derajat satu dan dua (Tingkat pertama dan tingkat kedua). Hal ini sudah dibuktikan pada beberapa penelitian. Bahkan orang-orang lebih sering menggunakan lidah buaya sebagai alternatif yang dapat mengobati luka bakar. 

Dibandingkan dengan pengobatan konvensional lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar sampai dengan waktu sembilan hari. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu dapat langsung mengoleskan gel atau salep lidah buaya pada luka bakar.

3. Melancarkan sembelit

Kandungan pada lidah buaya dapat membantu meredakan sembelit. Hal ini dikarenakan lateks, yakni residu kuning lengket pada kulit daun yang berada dibawahnya, kandungan di dalamnya yaitu senyawa aloin atau barbaloin. Selain itu, lidah buaya bisa membuat pencernaan menjadi lancar karena terdapat kandungan enzim. 

Kamu dapat mengonsumsi lidah buaya yang sudah dijus. Dengan begitu kadar air dalam usus akan meningkat dan gerakan untuk mendorong di dalam usus bisa terangsang. BAB pun jadi normal dan lancar. Selain itu jus lidah buaya juga dapat membantu masalah pencernaan lainnya seperti, mulas, sakit perut, dan juga asam lambung.

4. Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi bisa sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang khusus agar gigi tetap sehat. Namun kamu tidak perlu khawatir. Bahan alami lidah buaya dapat mengurangi plak pada gigi. Sebuah penelitian dalam Ethiopian Journal of Health Sciences mengungkapkan jika menggunakan jus lidah buaya sebagai obat kumur untuk mulut cukup efektif. Hal ini dikarenakan lidah buaya membunuh bakteri Streptococcus mutans dan jamur Candida albicans yang menyebabkan plak pada gigi. 

Kegunaan lidah buaya sebagai obat kumur setiap harinya dengan rajin, plak gigi dapat berkurang secara perlahan. 

Orang Yang Tidak Disarankan Konsumsi Lidah Buaya

Walaupun lidah buaya alami dan memiliki banyak khasiat, nyatanya tumbuhan alami satu ini tidak dapat dikonsumsi oleh semua orang. Terdapat beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk konsumsi lidah buaya yaitu:

  • Ibu hamil dan menyusui.
  • Penderita wasir.
  • Anak dibawah umur 12 tahun.
  • Orang yang akan menjalani operasi
  • Penderita penyakit ginjal
  • Orang yang radang usus.

Guna menjaga dan berhati-hati pastikan kamu tidak memiliki alergi dan telah meriset dengan baik manfaat lidah buaya. Sehingga tidak akan timbul efek negatif untuk kecantikan ataupun kesehatan. 

itulah 8 manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengenal dan memahami manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan.

Post a Comment

Previous Post Next Post