9 Manfaat jambu biji bagi kesehatan

Jambu biji atau yang biasa orang jawa sebut jambu klutuk ini memang bukan termasuk jenis buah yang banyak peminatnya. Tapi tidak sedikit juga peminatnya, karena buah jambu biji selain rasanya yang segar jambu biji juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jambu biji ini banyak dijumpai dimana saja. Apalagi bagi yang tinggal di daerah daerah, pasti sering kan menjumpai pohon jambu biji.

Jambu biji  sebenarnya memiliki banyak jenis, dibedakan dari warna daging buahnya. Karena ada yang berwarna putih maupun merah. Dapat dibedakan juga berdasarkan ukuran daging  buah ada yang berdaging buah tebal maupun berdaging buah tipis. Umumnya kenapa banyak orang enggan memakan jambu biji dikarenakan jika makan jambu biji bisa mengakibatkan susah buang air besar. 


Jambu biji dengan nama latin Psidium guajava atau juga banyak yang menyebutnya jambu batu, jambu siki atau juga jambu klutuk.


Jambu biji merupakan tanaman yang banyak hidup di daerah tropis. Tepatnya jambu biji adalah buah yang berasal dari Brazil. Menurut wikipedia jambu biji disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. 


Umumnya jambu biji mempunyai kulit buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih ataupun merah. Rasa dari buah ini memang sedikit asam atau sepat, namun jika beruntung kamu bisa mendapatkan buah yang manis. 


Sebelum kita mengetahui apasih manfaat dari jambu biji ini, tidak ada ruginya kita juga mengetahui kandungan gizi dari jambu biji. Berikut kandungan gizi jambu biji setiap 100 gram:


  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Manfaat jambu biji bagi kesehatan:


1. Menyembuhkan Infeksi

Seprti yang kita baca mengenai kandungan gizi diatas, kita dapat simpulkan bahwa jambu biji meliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Meliki kadar vitamin C sebanyak 87 mg tiap 100 g jambu biji.


Dengan kadar vitamin C yang tinggi jambu biji dapat meningkatkan kekebalan tubuh log. Menurut hasil penelitian apabila jambu biji dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan atau flu, vitamin C pada jambu biji dapat menyembuhkan infeksi di saluran tenggorokan kita.


2. Mengurangi Hipertensi

Jambu biji dapat mencegah dari penggumpalan darah, sehingga dapat memperlancar aliran darah kita loh. Aliran darah yang lancar ini lah yang membuat menurunnya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jambu juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Banyak penelitian menyebutkan bahwa tubuh yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat meningkatkan tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. 


Tentunya Jambu biji merupakan buah yang sangat kaya serat dan hipoglikemik jadi efektif banget tentunya untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menstimulasi kerja jantung menjadi lebih baik, yang dapat mencegah timbulnya gejala penyakit jantung.


3. Mengatasi Diabetes

Seperti halnya buah mengkudu, jambu biji juga dapat mengatasi diabetes. Kandungan tingginya serat yang dapat mengurangi tekanan darah. Serat dalam  jambu biji juga akan membantu mengatur penyerapan gula dalam tubuh. Yang dapat menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh. Telah banyak penelitian loh bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat mencegah diabetes tipe-2.


4. Menyehatkan mata

Selain kandungan vitamin C, jambu juga memiliki vitamin A yang bagus buat mata loh. Jambu biji kerap dianggap sebagai booster kesehatan bagi mata kita. Penyakit mata seperti munculnya katarak dan degenerasi makula dapat dihambat oleh vitamin A. Jambu biji menjaga penglihatan dimasa-masa penurunan kekuatan mata khususnya dimasa usia lanjut. Jadi rajin-rajin lah mengkonsumsi jambu biji ya temen-temen, biar penglihatan kita tetap sehat sampai tua.


5. Menyehatkan Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil hormon tiroid. Hormon tiroid ini berfungsi sebagai pengendali beberapa aktifitas didalam tubuh. Contohnya mengendalikan seberapa cepat tubuh membakar kalori dan seberapa cepat jantung kita berdetak.


Jambu biji memiliki sumber zat tembaga yang bagus. Zat tembaga merupakan zat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, yang akan membantu untuk mengontrol produksi hormon tiroid tersebut. Sehingga jambu biji akan membantu menyeimbangkan kesehatan tiroid.


6. Mengatasi Disentri

Zat astringents yang terkandung pada jambu biji, membuat kita terhindar dari penyakit disentri. Disentri  merupakan terjadinya infeksi pada usus yang menyebabkan diare, biasanya disertai dengan darah dan lendir. Zat astringents ini juga berperan terhadap penyembuhan disentri dengan menghambat mikroba dan mengurangi lendir yang berlebih pada usus kita. 


Zat astringents sebagai disenfektan dan anti bakteri yang bersifat alkali. Selain itu kandungan vitamin C, karotenoid dan kalium dapat memperkuat sistem pencernaan kita.


7. Sebagai obat demam dan batuk

Vitamin C yang kaya terkandung dalam jambu biji juga berperan sebagai pencegah infeksi dingin dan virus. 


Jambu biji dan rebusan daun jambu biji bermanfaat mengurangi dahak saat batuk. Serta berperan sebagai disinfektan yang menghambat mikroba pada tenggorokan dan paru-paru.


8. Perawatan Kulit

Zat astringents pada jambu biji selain sebagai obat disentri juga sangat berperan untuk kesehatan kulit. Semakin masak buah jambu biji maka kandungan zat astringents nya akan lebih banyak, termasuk juga pada daunnya. 


Kamu bisa memakan buahnya langsung atau dengan merebus buah dan daunnya untuk dapat merawat kulit kamu.


Jambu biji akan mengencangkan daerah kulit yang kendur. Vitamin A, vitamin B, vitamin C dan potasium pada jambu biji merupakan antioksidan yang baik untuk menjaga kulit tetap cerah dan dan tetap kencang. Jadi perbanyak mengkonsumsi jambu biji membuat kita tetap awet muda loh temen-temen.


9. Mengobati Sembelit

Umumnya kita akan takut untuk memakan biji dari buat jambu ini kan temen-temen. Tapi ternyata bijinya ini sangat bermanfaat loh. Biji buah jambu ini berfungsi sebagai obat pencahar. Tapi disarankan untuk dikunyah terlebih dulu ya temen-temen.


Jadi rutin konsumsi jambu biji dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, Seperti halnya buah pepaya.


Demikianlah 8 manfaat dari mengkonsumsi jambu biji bagi kesehatan. Terimakasih telah berkunjung ke situs ini, semoga ulasan diatas dapat membirikan manfaat bagi kita semua.


Post a Comment

Previous Post Next Post