Cara menanam cabe pelangi di pekarangan rumah

Cara menanam cabe pelangi di pekarangan rumah. Cabe pelangi atau cabe rainbow yang dalam bahasa asing disebut dengan Bolivian Rainbow, tanaman ini merupakan tanaman jenis cabe yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan memiliki warna cabe yang warna-warni layaknya pelangi. Beberapa waktu belakangan, jenis cabe pelangi ini banyak dibicarakan karena warna yang unik.

Tidak seperti cabe biasanya yang memiliki warna merah atau hijau. Cabe pelangi ini memiliki varian warna yang beragam seperti pelangi. Mulai dari merah, kuning, ungu, hijau ataupun orange. Bentuk dari cabe ini kecil dan menggelembung, jadi itulah mengapa cabe pelangi ini sangat cocok untuk tanaman hias di depan rumah. Dan yang gak kalah menarik cabe ini juga bisa menjadi teman makan mie rebus atau gorengan loh.

Cabe pelangi ini juga memiliki memiliki nilai jual yang bagus. Berikut beberapa fakta tentang cabe pelangi:

  • Memiliki tinggi sekitar 60-90 cm.
  • Memiliki tingkat kepedasan 5.000 – 30.000 SHU.
  • Kebutuhan air yang sedang.
  • Tumbuh pada iklim panas dan dingin.
  • Media tanam tanah humus (Sawah/Pot/Polibag).

Jadi apakah temen-temen tertarik untuk menanam cabe pelangi?. Berikut ulasan tahapan menanam cabe pelangi dirumah.

Cara menanam cabe pelangi:

Penyemaian benih

Benih cabe pelangi direndam sebentar dalam air dan siapkan polibag ukuran kecil berisi tanah pilihan atau tanah humus sebagai media tanam. 

Setelah itu, buat lubang kecil untuk menyemai benih cabe pelangi di dalam tanah yang berada di dalam polibag. Benih ditanam kurang lebih 1/4 dari ketinggian polibag. 

Apabila bibit atau benih sudah selesai disemai, tempatkan polibag di tempat yang teduh.

Selama masa penyemaian, usahakan menyiram bibit setiap 1x sehari. Tujuannya adalah agar benih tidak kekurangan air. 

Waktu yang tepat untuk penyiraman adalah sekitar jam 3-4 sore. Masa pertumbuhan tunas cabe sekitar 5-10 hari.

Pemindahan tunas cabe pelangi


Setelah Bibit tanaman cabe sudah mencapai sekitar 10cm, segera pindahkan bibit tunas cabe hasil semaian ke media tanam kamu bisa memilih menganan di pot bunga atau juga di pekarangan rumah. 

Tips untuk melakukan proses ini adalah pagi hari atau sore hari. usahakan jangan sampai memindahkan pada saat siang hari dan terik matahari.

Cara untuk menanam bibit cabe pelangi ke media tanam adalah buat lubang di tanah yang akan dijadikan media tanam, sebaiknya diameter lubang seukuran dengan polybag. 

Kemudian keluarkan bibit cabe tersebut beserta tanah yang ada di polybag. Tujuannya adalah agar akar cabe tidak rusak dan nantinya akar dapat tumbuh secara maksimal. 

Setelah itu, masukan bibit cabe ke dalam lubang pada media tanah yang telah kita buat tadi.

Perawatan

Setelah bibit dipindahkan ke media tanam, yang harus kita lakukan adalah merawat tanaman cabe dengan sepenuh hati.

Perawatan cabe ini sebernarnya tidak terlalu sulit. Karena cabe merupakan tanaman yang bisa beradaptasi di dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Sebaiknya tanaman cabe disirami sebanyak 3 hari sekali apabila cuaca sedang. Karena tanaman cabe justru akan tumbuh bagus jika kondisi kering. Jika terlalu banyak air cabe cenderung akan cepat membusuk. Jadi akan sangat mengganggu pemandangan bukan jika cabe yang kita tanam banyak yang busuk.

Setalah tanaman cabe tumbuh sekitar 25cm beri penyangga pada tanaman agar bentuk tanaman cabe tetap proporsional dan juga tidak tumbang ketika terkena angin yang cukup besar. cabe pelangi memiliki masa tanam dari bibit sampai tanaman berbuah kurang lebih 2,5 – 4 bulan.

Jadi seperti itulah tahapan menanam cabe pelangi, sangat mudah bukan. Trimakasih telah berkunjung ke website ini semoga artikel ini bermanfaat ya sobat.

Post a Comment

Previous Post Next Post