Kenali Bitcoin, Cara Mendapatkannya, Juga Kelebihan Dan Kekurangannya



Bitcoin dikenal sebagai salah satu instrumen potensial untuk menghasilkan keuntungan. Bahkan ia sendiri sudah banyak digunakan oleh para penggiat investasi. Namun bagi Anda yang masih awam dan ingin mengetahui informasi lebih jauh. Cobalah Anda simak penjelasan berikut.

Mengenal bitcoin

Banyak orang yang bertanya apa itu bitcoin? Kemudian bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan darinya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akan lebih baik jika Anda mengenali bitcoin itu sendiri terlebih dahulu.


Bitcoin Hadir sebagai salah satu mata uang yang hadir dalam bentuk elektronik di tahun 2009 lalu. Jenis uang tersebut diciptakan oleh seseorang yang menggunakan nama samaran dari Satoshi Nakamoto. Jenis uang tersebut digunakannya dalam transaksi online yang tidak memerlukan perantara atau tanpa menggunakan jasa bank dan lembaga keuangan lainnya.


Dalam hal ini bitcoin menggunakan sistem peer to peer, dengan sistem tersebut keberadaannya tidak menggunakan penyimpanan dan juga administrator tunggal. Karena itulah pihak Departemen Keuangan AS menyebut jenis uang tersebut sebagai mata uang terdesentralisasi.


Dengan kata lain, mata uang tersebut tidak bergantung pada penerbit utama. Tetapi ia justru hadir dengan database yang dapat didistribusikan, sehingga menyebar pada node-node yang ada pada jaringan  P2P menuju jurnal transaksi yang dimilikinya.


Mata uang tersebut juga dikenal dengan penawaran untuk biaya transaksi yang lebih rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan sistem pembayaran online tradisional  yang dioperasikan melalui otoritas tersentralisasi.


Meskipun kehadiran mata uang ini tidak termasuk dalam jenis alat pembayaran yang sah. Karena keberadaannya yang tidak didukung oleh bank dan juga pemerintah. Namun popularitas yang dimilikinya sangat tinggi, bahkan hal tersebut memicu peluncuran dari ratusan jenis mata uang virtual lainnya.


Bagaimana cara menghasilkan uang dari bitcoin?

Untuk menghasilkan uang dengan menggunakan mata uang tersebut, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara main bitcoin itu sendiri terlebih dahulu. Pada dasarnya nilai dari mata uang itu akan mengikuti hukum penawaran juga permintaan. Karena permintaan itu sendiri bersifat tidak tetap, ada naik dan ada turun.


Tentunya dapat dipastikan akan ada banyak volatilitas dari harga mata uang itu sendiri.


Untuk para pengguna baru, hal pertama yang tentunya wajib untuk dilakukan adalah menginstal wallet khusus untuk mata uang tersebut, hal ini dapat dilakukan pada komputer atau bahkan ponsel. Dengan membuat alamat bitcoin, tentunya Anda pun akan memulai berbagai macam transaksi dengan yang lainnya. sama halnya dengan alamat email pada umumnya. Namun untuk alamat mata uang ini tentunya hanya digunakan satu kali saja.


Sementara itu, bagi Anda yang belum memiliki mata uang tersebut, tentunya Anda bisa mendapatkannya dengan cara beli bitcoin, hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah melalui bursa bitcoin. Meskipun jenis mata uang ini tidak didukung oleh bank atau bahkan pemerintah, namun keberadaannya tetap dapat ditukar dengan jenis mata uang tradisional pada umumnya. Bahkan nilai tersebut banyak menarik minat para investor untuk memilikinya.


Dalam hal ini, semua jenis mata uang yang hadir dalam bentuk virtual mulai dikenakan pajak oleh pihak pemerintah. Hal tersebut menjadikannya tidak jauh berbeda dengan jenis investasi properti pada umumnya. Karena itulah keuntungan atau bahkan kerugian yang dihasilkan darinya pun akan terealisasi melalui laba atau bahkan ruginya modal yang digunakan.


Dengan nilai konversi bitcoin ke rupiah yang cukup menggiurkan, saat ini banyak sekali para investor yang mulai tertarik untuk menggunakannya bahkan ada pula yang dengan saja mencari tahu mengenai cara penggunaan hingga menghasilkan jumlah bitcoin yang jauh lebih tinggi.


Kelebihan dan kekurangan bitcoin

Setelah mendapatkan penjelasan singkat mengenai bitcoin di bagian atas tadi. berikut ini adalah beberapa uraian dari kelebihan dan juga kekurangan yang dimilikinya, seperti :


Kelebihan bitcoin

  • Transaksi lebih aman dengan biaya rendah

Dengan menggunakan bitcoin, Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi online dengan lebih mudah. Dalam hal ini, transaksi pun tidak membutuhkan lagi hal-hal yang bersifat pribadi, seperti nama atau nomor kartu dan lainnya. Bahkan Anda pun bisa menggunakan mata uang tersebut kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya.


  • Potensi tinggi

Dalam hal ini, para investor percaya bahwa dengan membeli serta menahan mata uang tersebut hingga matang. Tentunya dapat memperluas penggunaan dan membangkitkan pertumbuhan dari penggunaan mata uang tersebut.


  • Menghindari bank tradisional dan juga perantara pihak pemerintah

Seperti yang Anda tahu, saat ini ada banyak sekali masalah yang berkaitan dengan krisis dan juga resesi. Karena itulah para investor ingin merangkul jenis mata uang alternative yang tentunya terdesentralisasi. Karena sekalipun jenis mata uang yang satu ini berada di luar dari kendali pemerintah atau bank dan lembaga keuangan lain. namun untuk membelinya Anda tetap harus menautkan rekening yang Anda miliki.


Kekurangan bitcoin :

  • Gejolak harga

Dikenal sebagai mata uang virtual yang tentunya sering kali mengalami kenaikan atau bahkan penurunan harga. Tentunya menjadikan gejolak harga pada jenis mata uang ini selalu tampak tidak teratur. 

Karena itulah jika Anda ingin mencari tahu cara mendapatkan bitcoin gratis. Pastikanlah untuk mengatasi gejolak harga yang dimiliki terlebih dahulu. Dengan gejolak yang tepat, tentunya Anda pun bisa mendapatkan bitcoin dengan mudah bahkan terkesan seperti gratisan.  


  • Masalah pada sistem peretasan

Dalam sistem penyimpanan atau dompet bitcoin, ia hadir dengan penggunaan teknologi blockchain. Jenis teknologi tersebut dinyatakan jauh lebih aman dibandingkan dengan teknologi keuangan tradisional lainnya. Padahal sebagai sistem yang terbit secara online, tentunya keberadaannya pun telah menjadi sesuatu hal yang cukup menarik bagi para peretas.


  • Pengguna lebih terbatas

Karena kehadiran bitcoin tidak diluncurkan secara umum seperti yang dilakukan oleh jenis mata uang tradisional. Tentunya menjadikan penggunaan mata uang tersebut jauh lebih terbatas. Meski demikian, saat ini banyak pula para investor pemula yang tertarik untuk menggunakannya.


  • Tidak adanya perlindungan dari SIPC

Bagi para investor yang senang melakukan berbagai macam investasi. Umumnya mereka akan dilindungi oleh pihak perusahaan perlindungan dari investor sekuritas. Dalam hal ini mereka akan mengasuransikan investasi yang dimilikinya, sehingga mereka dapat menjaga barang investasi seperti halnya pialang yang dicuri atau bahkan gagal.


Akan tetapi, untuk keberadaan asuransi itu sendiri tidak mencakup pada jenis mata uang virtual atau cryptocurrency. Seperti halnya pada mata uang virtual dari bitcoin yang juga tidak mendapatkan perlindungan asuransi darinya.


Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi dapat disimpulkan, bahwa bitcoin adalah jenis alat atau instrumen yang dapat digunakan untuk investasi. Meskipun hingga saat ini keberadaannya masih terbatas dilakukan di lingkungan-lingkungan tertentu. Namun semakin tinggi jumlah pengguna mata uang tersebut tentunya membuka peluang bagi setiap masyarakat untuk mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi.


Pasalnya keberadaan harga dari bitcoin juga dipengaruhi oleh harga beli serta harga jual. Untuk mendapatkan keuntungan, pastikan Anda mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli.   

Post a Comment

Previous Post Next Post