Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Manfaat minyak zaitun

Pastinya sudah banyak orang yang tahu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan juga kecantikan. Minyak ini di dapatkan dari hasil proses penggilingan dadi buah zaitun. Minyak yang dihasilkan dari tanaman asli yang berasal dari Mediterania satu ini banyak memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan vitamin K, E, lemak ( omega 9, 6, 3 dan juga lemak jenuh ), phenolic dan zat besi. Apa saja manfaat minyak zaitun yang bisa kita dapatkan, simak ulasan berikut ini ? 

Macam – macam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Khasiat minyak zaitun untuk kecantikan memang sudah banyak sekali dikenal oleh masyarakat sehingga tidak usah diragukan lagi. Namun, minyak yang satu ini juga menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Saat ini kamu bisa belajar untuk mengganti minyak jenuh dengan minyak zaitun sehingga manfaat seperti yang ada di bawah bisa kamu dapatkan :

1. Menjaga kesehatan jantung

Olive oil memiliki kandungan antioksidan yang mempunyai peran untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena olive oil tidak memiliki kandungan kolesterol maupun lemak jenuh, sehingga tidak akan mengalami penumpukan di area pembuluh darah. 

Minyak yang sehat ini justru baik sekali untuk dikonsumsi supaya lebih bisa mencegah penumpukan kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit kardiovaskular, misalnya stroke dan serangan jantung. 

2. Memelihara kesehatan mulut

Sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang ada dalam kandungan minyak zaitun menjadikannya memiliki manfaat untuk bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bukan hanya itu saja, jika kita secara rutin berkumur menggunakan olive oil bisa mencegah dan mengatasi bau mulut. 

Kandungan antioksidan dan nutrisi yang lumayan tinggi ini terutama antioksidan bisa sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, menyesuai dan juga anak-anak. 

3. Membantu menjaga berat badan

Jika kamu sedang diet dan menjaga berat badan maka minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk dikonsumsi supaya kondisi badan tetap ideal. Minyak alami ini juga begitu baik untuk bisa mencegah obesitas. Namun, supaya bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal harus di imbangi dengan melakukan olahraga dengan rutin, membatasi asupan kalori, dan melakukan pola makan yang sehat. 

4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat paling populer dari minyak zaitun untuk kesehatan adalah bisa untuk mengontrol tekanan darah. Bagi orang yang rutin konsumsi minyak zaitun asli sebanyak 50 – 60 ml, dapat terlihat mempunyai tekanan darah yang masih bisa untuk di kontrol. 

Hal ini bisa didapatkan dari kandungan asam lemak dan antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah. 

5. Mampu turunkan kadar kolesterol

Manfaat minyak zaitun berikutnya yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) yang diderita oleh pemilik kadar kolesterol yang tinggi. Hal tersebut bisa didapatkan asalkan melakukan pergantian dari konsumsi lemak jenuh yang berasal dari hewan dengan olive oil. 

Olive oil juga bisa untuk meningkatkan kadar kolesterol yang baik (HDL) sehingga akan baik bagi kesehatan jantung. Bukan hanya zaitun, minyak kelapa murni, minyak kanola juga mempunyai manfaat yang serupa dengan minyak zaitun. 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah Dan Kecantikan 

Manfaat minyak zaitun dalam dunia kecantikan ini paling sering dikaitkan dengan resep awet muda, mengurangi keriput dll. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun bagi wajah. 

1. Bisa menghaluskan wajah 

Kandungan squalane pada olive oil bisa untuk menghaluskan wajah. Mengoleskan minyak zaitun di wajah bisa membuat wajah jadi lebih halus karena bisa terhidrasi dari kandungan squalane tersebut. Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah jenis kulit yang sehat, menggunakan minyak zaitun dengan teratur juga bisa membuat kulit menjadi jauh lebih kencang. 

2. Melebatkan bulu mata 

Minyak zaitun ini mempunyai kandungan asam lemak esensial yang berguna sebagai emolin yang berfungsi untuk menumbuhkan, melembabkan dan juga menumbuhkan pada area bulu mata. Cara paling mudah untuk bisa kamu pakai untuk mengoleskan olive oil ke area bulu mata ini dengan cara menggunakan sikat yang di khususkan untuk bulu mata yang sebelumnya sudah diberikan minyak. 

3. Mencegah keriput di wajah 

Antioksidan di dalamnya memiliki banyak sekalian khasiat yaitu bisa untuk mencegah radikal bebas. Antioksidan ini bisa mencegah zat-zat berbahaya yang bisa merusak sel dan dapat berkontribusi untuk mengembangkan kanker. Vitamin E dan antioksidan yang akan membantu mencegah keriput di area wajah. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika rutin mengoleskan minyak zaitun di area wajah yang sebelumnya terpapar sinar matahari bisa memberikan perlawanan terhadap perkembangan sel-sel kanker. 

4. Menyamarkan bekas jerawat 

Lagi dan lagi kandungan vitamin dan antioksidan dalam olive oil bisa memudarkan bekas jerawat dengan cara membantu sel yang ada pada kulit untuk melakukan regenerasi. Hanya dengan melakukan pijatan di wajah menggunakan minyak zaitun secara lembut maupun bisa juga ditambah setetes air perasaan jeruk nipis atau lemon supaya lebih bisa untuk mengatasi Hiperpigmentasi yang mengakibatkan kulit menjadi gelap disebabkan oleh bekas jerawat. 

5. Wajah lembab pada malam hari 

Pada saat sebelum tidur kamu mengoleskan minyak zaitun ke area wajah maka kamu akan mendapatkan manfaat yang baik saat malam hari. Saat bangun tidur, kamu akan mendapatkan kulit yang segar dan bisa terhidrasi karena minyak bisa meresap dengan baik ke kulit ketika kamu tidur pada malam hari. 

Kamu sudah tidak harus menggunakan pelembab untuk rutinitas merawat kulit pada malam hari. Minyak zaitun tersebut akan memberikan kelembaban yang diperlukan. 

Tips Menyimpan Minyak Zaitun Yang Benar 

Banyaknya manfaat yang terkandung dalam olive oil membuat kamu harus bisa untuk menyimpannya dengan baik dan benar. Minyak zaitun ini tidak akan bertahan lama dengan kondisi suhu yang panas, berikut adalah cara menyimpan minyak zaitun yang benar :

1. Menyimpannya dalam botol kaca

Simpan minyak zaitun dalam botol kaca yang paling tertutup, sehingga bisa menahan suhu yang akan masuk. Lakukan penyimpanan kurang lebih 1 hingga 2 bulan setelah dilakukan pembukaan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah minyak menjadi berbau tengik. 

2. Simpan pada botol keramik

Botol keramik juga dapat dipakai untuk menyimpan minyak zaitun, keramik ini begitu bagus dipakai untuk melakukan penyimpangan minyak karena dapat menghalangi udara dan cahaya yang akan masuk. Selain hal tersebut botol keramik ini juga akan menghalangi hawa panas suhu udara. 

3. Perhatian suhu pada saat akan melakukan penyimpanan minyak zaitun

Minyak zaitun akan baik jika disimpan pada sebuah lemari yang memiliki suhu udara yang sejuk, kering beserta gelap yang terhindar dari cahaya matahari langsung. Suhu paling baik untuk menyimpan minyak zaitun sehingga manfaat minyak zaitun bisa didapatkan adalah sekitar 13 derajat celcius. Tetapi umumnya suhu ruangan akan berada di dalam titik 20 – 25 derajat celcius yang masih dianggap normal untuk menyimpannya.  

Post a Comment

Previous Post Next Post