Jangan Sampai Drop, Ini Dia 10 Cara Merawat Baterai HP Agar Tetap Awet

merawat-baterai-hp

Tahukah kamu merawat baterai handphone merupakan suatu hal yang penting, terlebih lagi jika kamu baru saja membeli handphone baru. Namun, apakah diantara kalian sudah mengetahui dengan jelas bagaimana cara merawat baterai hp agar awet? Mungkin saja ada banyak dari kalian yang belum mengetahuinya dengan jelas tentang cara merawat hp. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Cobalah Untuk Menggunakan Charger Original

Untuk cara merawat baterai hp agar tidak boros yang pertama  yaitu cobalah untuk menggunakan charger original. Sebab, charger original tentu saja sudah dirancang dengan baik sesuai dengan kapasitas smartphone yang kamu gunakan saat ini. Selain itu, charger-charger yang tidak original ataupun dijual dipasaran dengan harga murah tentu saja tidak sesuai dengan smartphone kamu sehingga bisa saja menyebabkan hp kamu menjadi cepat rusak terlebih lagi jika dayanya yang terlalu kecil ataupun besar.

2. Hindari Baterai HP Habis Sampai 0%

Hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan lagi adalah pada saat pengisian baterai HP. Di mana pengisian baterai hp yang 0% dapat membuat daya baterai HP kamu cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh tegangan yang nantinya menjadi semakin bertambah dan membuat baterai HP menjadi tertekan. 

Oleh karena itu baterai HP akan bisa bekerja dengan baik dari kapasitas 30% sampai 80%. Untuk itu, sangat disarankan kamu bisa mengisi daya ponsel dalam kondisi dibawah 30% serta maksimalnya 80% supaya tegangan pada daya hp tidak tinggi.

3. Mengisi Baterai HP pada 30% Sampai 80%

Mengisi daya pada HP sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan kalau bisa mengisi daya jangan sampai 100% agar baterai HP kamu bisa bertahan lama atau awet. Jadi, jenis baterai Li-ion ini bisa saja kapasitasnya menjadi turun apabila nantinya mendapatkan tegangan yang tinggi.

Untuk itu, jika lapisan Lithium baterai terus menerus mendapatkan arus listrik maka akan dapat memicu baterai menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, sangat disarankan kepada pemilik smartphone untuk mengisi daya antara 30% hingga 80% sehingga voltase tetap rendah dan membuat HP kamu menjadi lebih awet.

4. Cobalah Untuk Mengatur Power Saving Mode

Untuk cara merawat baterai hp selanjutnya yaitu dengan mengatur power saving mode. Seperti yang kamu ketahui bahwa setiap ponsel pintar salah satunya Android tentu saja menyediakan aplikasi penghemat daya tahan baterai sebagai fitur power saving mode. 

Jadi, mode yang satu ini tentu saja akan membantu HP kamu untuk membatasi penyerapan energy baterai seperti koneksi mobile, lokasi, kecerahan layar, WiFi dan lainnya. Untuk itu, jika kamu menggunakan atau menerapkan power saving ini maka baterai HP kamu akan diatur dengan baik dan bisa membuat HP menjadi jauh lebih awet.

5. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Berikutnya sebagai tips merawat baterai HP maka kamu juga bisa menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Mungkin pada saat kamu membeli smartphone baru tentu saja ada beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstall di dalamnya. Untuk itu, ada baiknya jika kamu mengecek dan jika tidak dibutuhkan sebaiknya kamu bisa menghapusnya saja. 

Selain itu, begitu pula dengan aplikasi yang telah kamu install di HP. Apabila aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya kamu dapat menghapusnya sehingga tidak membebani penggunaan baterai HP. 

6. Menggunakan Background Gelap

Cara merawat baterai hp agar awet selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah dengan menggunakan background gelap dan menon-aktifkan fitur smart stay. Nah, mungkin fitur smart stay ini memang jarang diketahui oleh para pengguna smartphone Android pada umumnya. 

Di mana fitur ini juga dapat menyerap baterai dengan cepat, yang mana dikarenakan layar HP tetap terus menyala sehingga bisa menguras daya baterai HP sedikit demi sedikit. Untuk itu, ada baiknya jika kamu menggunakan mode background gelap sehingga dapat menjaga panel AMOLED pada layar HP.

7. Hindari Aplikasi Otomatis

Hindari pula aplikasi yang otomatis yakni seperti wakelocks, internet, auto brightness, data pushm WiFi connection, location serta mode otomatis yang lainnya. Hal ini tentu membuat semua aplikasi tersebut terkoneksi secara otomatis, terlebih lagi jika kamu menyalakan HP atau meng-aktifkan HP maka semua fitur tersebut akan terkoneksi secara bersamaan.

Tak hanya itu saja, semua aplikasi tersebut memang praktis serta membuat para pengguna HP menjadi nyaman, akan tetapi hal ini membuat baterai HP menjadi boros serta membuat HP menjadi berat karena menyala sekaligus. 

Oleh karena itulah, membuat HP kamu menjadi cepat panas dan menguras baterai dengan cepat sehingga pada akhirnya HP kamu bisa rusak dengan cepat. Untuk itu, sebagai saran jika kamu tidak membutuhkan aplikasi atau fitur tersebut maka sebaiknya untuk non-aktifkan saja sehingga daya baterai HP bisa menjadi lebih awet.

8. Perbaharui Sistem Perangkat Ponsel (OS) dan Aplikasi

Semua smartphone Android akan diberikan fasilitas untuk bisa memperbaharui sistem ponsel atau OS dan juga aplikasi secara berkala. Hal seperti ini tentu bisa kamu lakukan sehingga kinerja HP bisa dilakukan secara optimal dan maksimal. 

Meskipun sedikit merepotkan dan akan memakan kuota internet yang banyak, akan tetapi hal ini memang penting untuk kamu lakukan karena bisa bermanfaat untuk kinerja smartphone milik kamu. Sebab, tujuan dari pembaharuan ini yaitu ada beberapa software Android yang terupdate dari versi lamanya dan membuat kamu harus melakukan pembaharuan aplikasi sehingga smartphone tetap bekerja dengan maksimal.

9. Jangan Mengisi Daya HP Semalaman

Setelah kamu main atau menggunakan HP di malam hari maka pada biasanya seseorang akan mengisi daya baterai ponsel sehingga dapat memastikan bahwa daya baterai bisa terisi penuh keesokan paginya. Tapi hal ini sungguh tidak baik terutama bagi kesehatan baterai HP milik kamu dan bisa saja menimbulkan daya yang masuk ke baterai HP menjadi over.

Tak hanya itu saja, ada pula beberapa kasus, yang mana baterai HP menjadi bengkak dan bahkan sampai meledak karena pengisian daya baterai yang berlebihan terlebih lagi dalam waktu yang lama. Meskipun ada beberapa brand atau merek HP yang telah mengklaim bahwa pengisian daya baterai yang berlebihan bukan suatu masalah yang besar dan tetap aman, akan tetapi ada baiknya kamu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

10. Tutup Aplikasi yang Tidak Kamu Gunakan Lagi

Cara merawat baterai HP Android yang terakhir adalah kamu bisa menutup aplikasi-aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi. Tahukah kamu, aplikasi yang sudah kamu gunakan dan tidak kamu tutup tentu ini bisa mengurangi daya baterai pada ponsel kamu. Sebab, keadaan ini membuat aplikasi tetap terus dalam keadaan siaga. Jadi, sebagai saran yang baik agar baterai HP tetap awet maka aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya dapat ditutup saja.

Itulah ada beberapa cara merawat baterai hp agar awet dan tahan lama yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

Previous Post Next Post