Cara Agar Anak Cepat Membaca yang Dapat Dilakukan dengan Mudah Oleh Setiap Orang Tua

Kemampuan membaca menjadi salah satu hal dasar yang harus dimiliki setiap orang. Tapi membaca bukan perkara yang mudah, maka dari itu sebagai orang tua Anda harus memiliki cara tepat untuk mengajarkan kepada anak Anda agar bisa membaca. 

Karena menjadi hal dasar yang memang harus dikuasai, maka tak heran jika banyak juga produk di pasaran yang memang bisa membantu anak untuk cepat membaca. Nah, tentunya pun ada beberapa tips cara agar anak cepat membaca yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah tipsnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak baik-baik ulasan berikut ini.

Tips Mengajari Anak Belajar Membaca 

Sebelum menerapkan beberapa tips berikut ini, hal yang paling perlu Anda siapakah adalah kesabaran dan telaten. Ya, yang namanya anak kecil pasti akan mudah bosan, dan mereka juga sering tidak fokus, dikarenakan hal tersebutlah Anda sebagai orang tua harus benar-benar sabar mengajari anak membaca. 

Anda pun tak boleh terlalu memaksakan anak-anak agar mau belajar membaca. Jika mereka sudah lelah belajar maka sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Sebab, saat terlalu dipaksakan pastinya anak tidak akan merasa nyaman dalam belajar dan mood mereka juga bisa menjadi rusak, sehingga proses belajar akan bubar.

Selain itu, ada juga beberapa kesalahan yang akan membuat proses belajar membaca sia-sia, seperti tidak memberikan contoh kepada anak misal Anda hanya menyuruh anak membaca tapi Anda sendiri tidak pernah membaca buku, tidak memberikan atau menciptakan suasana kondusif belajar untuk anak seperti mengajari anak membaca tapi televisi masih menyala, dan mengajari anak membaca di waktu yang tidak tepat.

Itulah beberapa kesalahan yang dapat menjadikan proses belajar membaca akan sia-sia. Nah, jika sudah mengetahui beberapa kesalahan dalam proses belajar membaca, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam proses belajar anak yang perlu diketahui juga dan bisa diterapkan. 

1. Membaca Dengan Nyaring 

Membaca dengan nyaring diyakini menjadi salah satu pengajaran membaca yang mengenakan untuk si kecil. Cara membaca nyaring yang benar dan agar menyenangkan untuk si kecil adalah membaca dengan suara keras atau nyaring, pastikan juga Anda harus memiliki intonasi dan ekspresi yang tepat saat sedang melakukan proses membaca nyaring di depan anak.

Jika anak sudah bisa diajak untuk berkomunikasi, maka proses membaca nyaring bisa dilakukan dengan interaktif, seperti memberikan pertanyaan kepada si kecil di tengah-tengah proses membaca, atau menyuruh si kecil menceritakan kembali isi buku. 

2. Biarkan Anak Memilih Buku Sendiri 

Cara agar anak cepat membaca selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan membiarkan si kecil memilih bukunya sendiri. Ya, terkadang anak kecil pun sudah akan memiliki buku favoritnya sendiri. Tentunya membacakan isi buku favorit si anak akan lebih menyenangkan bagi mereka. Sebab, mereka akan lebih fokus menyimak jika dibacakan buku favorit. 

Tapi tetap saja orang tua harus mengarahkan anak agar memilih buku yang sesuai dengan usia mereka. Nah, biasanya anak-anak yang masih TK atau bahkan SD lebih menyukai buku bergambar. Sebaliknya hindari memberikan buku yang memiliki tulisan panjang, sebab ini akan membuat anak cepat merasa lelah dan bosan. 

3. Tentukan Durasi Membaca yang Singkat 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika anak-anak akan cepat merasa bosan. Jika sudah bosan tentunya akan akan kehilangan mood yang baik. Untuk itu, ada baiknya menyiapkan durasi membaca yang tidak terlalu panjang. 

Misal dalam sehari cukup membaca selama 15 menit saja. Waktu 15 menit juga bisa dibagi menjadi tiga sesi, dalam satu sesi maka ajarkan membaca selama 5 menit. Untuk pembagian sesinya bisa 5 menit di pagi hari, 5 menit di siang hari, dan 5 menit di malam hari. 

4. Buat Proses Belajar Membaca Menyenangkan 

Tips selanjutnya yang bisa diikuti adalah dengan memberikan proses belajar yang menyenangkan. Nah, di sini kreativitas Anda akan diuji, sebab Anda harus mencari cara agar proses belajar bisa menyenangkan dan tak membosankan. 

Salah satu cara kegiatan belajar yang menyenangkan adalah dengan belajar membaca sambil bernyanyi. Selain menyenangkan, bernyanyi bisa lebih membuat anak cepat dalam menangkap hal yang diajarkan. Jika proses belajar terasa menyenangkan, maka anak pun akan lebih bersemangat dalam belajar. 

5. Bangun Kebiasaan Membaca 

Membaca merupakan kegiatan yang perlu dilakukan karena terbiasa. Jika dari kecil sudah terbiasa membaca, maka kegiatan ini akan dibawa sampai anak dewasa. Maka dari itulah Nad perlu membangun kebiasaan membaca untuk anak sejak kecil.

Salah satu cara agar anak nantinya terbiasa membaca adalah dengan melakukan kegiatan membaca bersama. Misal selalu melakukan kegiatan membaca bersama saat menjelang tidur malam. 

6. Memberikan Bantuan 

Tentunya dalam proses belajar, anak sering sekali mengalami kesulitan, misal tiba-tiba lupa dengan bunyi huruf atau kesulitan dalam menemukan kosa kata yang tepat. Jika terjadi hal demikian, maka sebagai orang tua Anda harus memberikan bantuan, ini dilakukan agar minat baca anak tetap ada dan tidak hilang. Tentunya anak pun akan merasa diperhatikan jika orang tau mau membantunya saat sedang kesulitan. 

Itu adalah beberapa tips atau cara agar anak cepat membaca. Perlu diketahui juga, jika saat anak memang tidak bisa mengucap suatu kosa kata, maka jangan memaksanya untuk mengucap, dan jika anak sedang bercerita, Anda pun tak boleh tiba-tiba menyetop kegiatan bercerita anak. 

Post a Comment

Previous Post Next Post