Terapkan Cara Mendidik Anak yang Tepat di Era Digital

Pendidikan mulai diperoleh sejak pertama kali anak dilahirkan ke dunia. Setiap perkataan dan kelakuan orang di lingkungan anak tersebut dibesarkan dapat ditiru dengan mudah oleh anak. Oleh karena itu tidak mudah bagi orang tua untuk mendidik anak terlebih di era digital. Ada beberapa cara mendidik anak di era digital. 

Cara mendidik anak yang tepat di Era Digital

Terapkan Aturan Penggunaan Gadget

Gadget telah menjadi mainan anak zaman sekarang karena fiturnya yang mampu memenuhi kebutuhan anak. Ada berbagai permainan yang tersedia dalam sebuah gadget sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya. Namun sebagai orang tua, Anda harus mengatur penggunaan gadget untuk anak. Penerapan aturan penggunaan gadget bagi anak termasuk pola didik yang tepat di era digital. 

Anda dapat menyesuaikan aturan tersebut dengan kebiasaan serta gaya pola asuh yang sering dilakukan. Misalnya dengan tidak membiarkan anak bermain gadget ketika sedang makan. Selain itu makan dengan melihat gadget juga dinilai kurang baik dari segi etika. Kemudian menjelang tidur juga jangan biasakan anak memegang gadget. Aturan kecil seperti ini akan membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih disiplin dengan waktu bermain. 

Berikan Batasan Screen Time

Screen time merupakan waktu yang digunakan untuk menatap layar, baik itu televisi maupun ponsel. Menatap layar dalam waktu yang lama akan membuat indera penglihatan mengalami gangguan. Oleh karena itu Anda disarankan untuk membatasi screen time anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan screen time anak usia di atas dua tahun tidak lebih dari dua jam per hari. 

Semakin banyak screen time anak maka semakin besar kesempatan anak mendapatkan informasi yang tidak sesuai usianya. Menatap layar terlalu lama juga berbahaya bagi kesehatan mata anak. Jangan sampai anak di usia dini sudah harus menggunakan kacamata. Katakan baik-baik kepada anak untuk bermain gadget di waktu yang telah ditentukan saja. 

Dampingi Anak Bermain Gadget

Jangan pernah biarkan anak bermain gadget sendirian tanpa didampingi. Bahkan isi dari buku cara mendidik anak di era digital pun telah dijelaskan bahwa anak perlu didampingi saat bermain gadget. Hal itu sangat penting dilakukan mengingat informasi yang ada di internet sulit untuk dibatasi. Tayangan dan informasi yang tidak sesuai usia anak dikhawatirkan mampu mengubah daya pikirnya. 

Lebih baik Anda dan anak bermain video game di ruang terbuka seperti menggunakan televisi di ruang tengah. Teknik ini akan memudahkan orang tua dalam mengontrol tayangan yang dilihat oleh anaknya. Jangan biarkan anak bermain gadget sendirian di kamar karena akan sulit diawasi jenis tontonannya. Apalagi anak zaman sekarang sangat cerdas karena keingintahuannya yang besar. 

Kontrol Aktivitas Dunia Maya Anak

Cara mendidik anak di era digital agar tetap aman adalah dengan memantau segala aktivitasnya di dunia maya. Anda bisa melihat riwayat penelusuran video yang ditonton untuk menilai ketepatan dengan usianya. Apabila ada yang mencurigakan maka Anda bisa memblokir alamat situs yang mengandung kekerasan dan hal menyimpang lainnya untuk usia anak. 

Jika anak memiliki akun media sosial, sebaiknya Anda ikut memantau siapa saja temannya. Periksa pula isi kolom komentar yang ada dalam unggahan media sosial anak. Anda bisa mendaftarkan akun anak langsung di ponsel yang sama agar mudah melakukan pemantauan. 

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Anak

Jangan sekali-kali Anda membentak anak karena mereka akan berpikir Anda adalah orang tua yang kejam. Sebaiknya jalinlah komunikasi yang baik dengan anak terutama ketika memberikan gadget. Jelaskan secara rinci mengenai situs dan tayangan yang boleh ditonton maupun tidak. 

Apabila anak sudah memiliki akun media sosial maka ajarkan untuk melapor segala jenis ancaman atau pelecehan yang dilakukan akun lainnya. Semua itu penting diajarkan kepada anak mengingat telah banyak kekerasan dan pelecehan yang terjadi di media sosial dari oknum-oknum tertentu. Cyberbullying juga banyak terjadi di kalangan anak maupun remaja. 

Hindari Memberi Gadget untuk Menenangkan Anak

Kebanyakan orang tua zaman sekarang memilih untuk memberikan gadget kepada anak yang rewel. Padahal itu merupakan kesalahan fatal karena anak akan mengulangi tindakan tersebut untuk mendapatkan gadget. Anak yang tiba-tiba rewel sebaiknya diajari untuk mengatasi emosinya sendiri. Anda bisa menawarkan hal yang lebih positif lainnya untuk menenangkan anak. 

Bagi Rata Waktu Antara Dunia Maya dan Nyata

Waktu bermain di dunia maya dan dunia nyata sebaiknya dibagi dengan adil. Mendidik anak di era digital memang terasa sulit dan gampang dalam satu waktu. Namun sebagai orang tua, Anda harus mampu mengatasi hal tersebut. Ajak anak untuk melakukan kegiatan lain di dunia nyata agar tidak terlalu asik dengan dunia maya. 

Anda bisa mengajak anak untuk jalan santai di pagi dan sore hari untuk membuka pikirannya. Bermain sambil belajar juga dapat menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak. Perkembangan motorik anak menjadi lebih optimal dengan pembagian waktu yang seimbang. 

Berikan Gadget Sesuai Kebutuhan Anak

Hindari memberikan gadget sepenuhnya kepada anak karena akan menjadi kebiasaan yang berdampak buruk. Oleh karena itu sebaiknya berikan gadget di waktu yang tepat dengan porsi sesuai kebutuhan. Meskipun dunia digital tidak melulu berdampak negatif, tapi orang tua tetap harus mengontrol anak agar tidak kecanduan gadget. 

Demikian cara mendidik anak di era digital yang dapat dipraktekkan oleh orang tua. Semoga penjelasan di atas dapat membantu para orang tua dalam membatasi penggunaan gadget untuk anak.  

Post a Comment

Previous Post Next Post