Peran Orangtua dalam Menentukan Perkembangan Anak yang Lebih Baik

Setiap anggota keluarga memiliki peranan masing-masing dalam menciptakan keutuhan dalam rumah tangga. Jika anak memiliki pernah untuk membantu orang tua dan belajar, lalu apa peran orangtua untuk anak itu sendiri ?. Orang Tua mempunyai peran paling penting dalam perkembangan anak secara menyeluruh. 

Ajaran paling tepat dari kedua orang tua yang nantinya bisa membentuk karakter anak yang baik. Mengasuh anak merupakan sebuah pekerjaan yang akan terus berkelanjutan. Pekerjaan ini bukan sebuah pekerjaan yang bisa untuk dihindari begitu saja, karena seorang anak akan memerlukan orang tua setiap waktu. 

Supaya nantinya orang tua tetap berada dalam jalan yang benar, sebaiknya ketahui lebih dahulu tahapan perkembangan anak. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lanjut tentang peran dari orangtua di dalam perkembangan karakteristik anak supaya menjadi lebih baik. 

Pentingnya Peran Orangtua dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pola asuh dan perkembangan anak berjalan secara berdampingan, gaya pengasuhan anak nantinya akan berpengaruh di dalam tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah perkembangan yang bisa didapatkan dari peran orangtua dalam mengasuh anak :

1. Perkembangan Kognitif

Pada anak yang nanti akan tumbuh dewasa, pola asuh secara positif akan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kognitif, sosial beserta pemecahan masalah. Cara pengasuhan yang positif juga akan memiliki pengaruh terhadap respon anak dan bisa membantu mereka tumbuh untuk menjadi lebih baik. 

Memberikan interaksi dan stimulasi yang baik di tahun awal sangat penting untuk dilakukan karena semua itu akan berkaitan dengan pengenalan masalah, menangani beragam situasi dengan baik dan juga sikap disiplin, manajemen waktu dan pemecahan dalam sebuah masalah yang efektif melalui rutinitas yang dilakukan sehari-hari di rumah. 

2. Perkembangan mental

Pola pengasuhan juga akan membuat anak lebih belajar inovatif, bisa menerima kegagalan dan cara mengatasinya, menerima umpan balik dari konsep penghargaan dan juga hukuman, paham dengan yang namanya disiplin. Hal tersebut bisa membuat perkembangan anak di dalam merespons  terhadap sebuah rangsangan, sehingga akan membentuk anak dalam berpikir. 

3. Perkembangan fisik

Anak belajar untuk menjadi sehat, menjadi pemain dalam sebuah tim, mempunyai pola makan yang paling tepat dan berolahraga dengan teratur. Bimbingan yang paling tepat dari orangtua bisa memberikan tambahan terhadap pola olahraga yang paling baik dan diet untuk bisa mencapai perkembangan fisik yang sangat ideal. Orangtua harus selalu ingat jika seorang anak harus selalu diberi tahu supaya memberikan teladan. 

4. Perkembangan spiritual

Peran orangtua dalam perkembangan anak berikutnya berkaitan dengan spiritual, yang mana memahami akan agama, berdoa, memiliki empati, tahu mana yang salah dan benar, mempunyai nilai etika yang benar, menghormati orang tua dll. Mengajarkan anak supaya lebih bisa untuk menerima agar percaya dengan kebaikan yang lebih besar dan bisa membantu dalam mencapai tujuan. 

5. Perkembangan sosial dan budaya

Anak akan memperhatikan interaksi antara orangtua, dan melihat penyelesaian konflik dalam keluarga. Inilah yang akan memberikan pelajaran yang baik untuk anak dan selalu diserap oleh anak hingga tumbuh dewasa. Anak belajar berperilaku terhadap orang lain, melakukan segala sesuatunya dengan tujuan bersama, memilih teman yang tepat. 

Tips Mengoptimalkan Tahap Perkembangan Anak 

Sebelum anak berusia 17 tahun maka masih dalam tahapan tumbuh kembang, sebagai orangtua harus selalu memantau tumbuh kembang anak dengan baik. Perkembangan anak ini bisa dioptimalkan supaya anak bisa tumbuh secara sehat baik itu jasmani maupun rohani. Pertumbuhan anak yang optimal juga akan meningkat prestasi, berikut ini adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh para orangtua :

1. Pahami proses tumbuh kembang anak

Tumbuh kembang anak bukan hanya sekedar perubahan fisik, tetapi juga termasuk dari segi mental dan emosional. Orangtua harus selalu mengikuti berbagai tahapan tumbuh kembang anak dan tidak bisa memperlakukan mereka kayaknya anak kecil secara terus menerus. Pantau terus perkembangan anak dan selalu arahkan di jalan yang benar, supaya tidak melanggar nilai serta norma yang berlaku. 

2. Mengenali perkembangan balita, anak dan remaja

Orangtua harus bisa memperhatikan dan membedakan perkembangan dari balita hingga remaja. Setiap pertumbuhan tersebut akan ada berbagai hal yang berbeda, seperti bayi menuju balita akan menunjukkan perubahan emosi dengan cara menangis dan tertawa. Jika sudah menjadi anak-anak maka dia bisa mengutarakan apa yang dia sukai dan tidak. Pada tahapan remaja sudah akan mulai tertarik dengan lawan jenis, memberontak dan mulai mengutarakan pendapatnya. Sebagai orangtua harus mengenali setiap perbedaan tersebut. 

3. Mengenal pentingnya peran orangtua di masa perkembangan anak

Peran orangtua dalam perkembangan anak memang sangat penting karena mereka adalah orang pertama yang ditemui oleh anak dan yang membentuk karakteristik mereka hingga dewasa. Jika tumbuh kembang anak yang terkait dengan fisik, peran yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah menjamin kesehatan anak lewat makanan yang dikonsumsi untuk setiap harinya. 

Supaya bisa mendampingi perkembangan anak dalam pola pikirnya, emosional, jadilah orangtua yang bisa untuk dijadikan teman. Hal ini dilakukan supaya anak bisa merasakan lebih nyaman dan terbuka dengan berbagai hal dan bisa mendengarkan nasehat orang tua dengan baik. 

4. Perhatian perkembangan anak tanpa menggunakan kekerasan

Pada masa perkembangan anak pastinya anak pernah berbuat kesalahan, maka orangtua tidak boleh menegur anak dengan menggunakan kekerasan. Pantau mereka tanpa harus menggunakan kekerasan cukup dengan menjadi teman mengobral yang baik. Setelah mereka mau menceritakan apa kesalahan mereka, maka dapat memberikan nasihat dan mengarahkannya. Luangkan waktu setidaknya 15 menit untuk mendengarkan keluh kesah anak sehingga mereka nantinya bisa tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai karakter baik. 


Post a Comment

Previous Post Next Post