Tips Memiliki Hubungan – Suami Istri Yang Harmonis dan Bahagia

Setelah terikat dengan sebuah perkawinan dan menjalani bahtera rumah tangga, pastinya setiap pasangan menginginkan memiliki keluarga bahagia dan harmonis. Rumah tangga yang bahagia bisa terjadi jika masing-masing pasangan mau sama-sama belajar membangun rumah tangga harmonis. 

Namun keinginan tersebut tidak akan terwujud dengan mudah, setiap rumah tangga akan mempunyai berbagai macam hambatan untuk bisa sampai ke rumah tangga yang bahagia. Setiap permasalahan yang muncul pastinya juga akan mempunyai solusi yang tersendiri supaya dapat mengatasinya. 

Cara Membuat Keluarga Harmonis 

Jika ingin memiliki keluarga yang harmonis dan selalu bahagia, akan ada beberapa tips yang bisa untuk dilakukan supaya lebih bisa untuk mempererat hubungan keluarga dan terciptalah hubungan suami-istri yang bahagia dan harmonis. 

1. Mengutamakan pernikahan

Mengutamakan pernikahan juga merupakan salah satu kunci mempunyai keluarga bahagia, banyak sekali pasangan yang sudah memiliki anak dan menjadikan mereka sebagai prioritas paling utama yang mana hal itu membuat hubungan dengan pasangan semakin berkurang. Sebenarnya hal itu juga merupakan hal yang kurang baik untuk dilakukan sebab nantinya anak-anak juga akan keluar dari rumah. 

Jadi lebih baik tetap mengutamakan pernikahan dengan cara bisa saling terbuka mengenai berbagai hal itu, karena nantinya pasangan kamu yang akan menemani hingga akhir hayat. 

2. Habiskan waktu bersama

Menghabiskan waktu bersama keluarga mungkin bagi sebagian orang sulit untuk diwujudkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, bisa dari waktu dan perasaan lelah yang ingin membuat segera beristirahat. Namun, selelah apapun itu berikanlah waktu walaupun hanya sedikit untuk keluarga. Walaupun hanya sekedar bercerita untuk pengantar tidur anak, maupun saling bertukar cerita antara pasangan. Hal ini juga menjadi rahasia keluarga harmonis yang bisa dilakukan. 

3. Jangan pernah bertengkar di hadapan anak

Bertengkar dengan pasangan mungkin bisa menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari, terutama jika kedua belah pihak sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Supaya hubungan keluarga bisa tetap bahagia usahakan untuk tidak pernah bertengkar di hadapan anak. Jika anak sudah terlanjur melihat kedua orang tua bertengkar lebih baik langsung meminta maaf pada anak dan jelaskan jika memang terjadi perselisihan tetapi segalanya baik-baik saja. 

4. Nikmati kehidupan satu sama lain

Inti dari keluarga bahagia adalah jika mereka bisa untuk mengangkat satu sama lain dan memperlakukan satu sama lainnya. Setiap orang memiliki ciri kegembiraan dan menjadi ciri dari interaksi mereka. Misalnya saja ketika orangtua pulang ke rumah dan anak-anak senang melihat mereka pulang. Begitu juga sebaliknya di saat anak pulang dari sekolah dan disambut bahagia oleh orangtuanya. 

5. Biasakan untuk saling bertukar cerita

Bertukar cerita juga merupakan solusi keluarga bahagia yang bisa selalu diterapkan di rumah. Hal tersebut dilakukan supaya nantinya tidak terjadi kebosanan sehingga terjadi permasalahan baik itu tentang perselingkuhan hingga anak yang lebih senang bersama teman dibandingkan dengan keluarga. 

Hal ini  bisa dimulai dengan saling bertukar cerita tentang apa saja yang sudah dilakukan hari itu, tanyakan kepada pasangan dan juga anak bagaimana dengan harinya. Bercerita juga bisa membuat hubungan keluarga akan jauh lebih erat dan memberikan hubungan rumah tangga menjadi lebih bahagia dan harmonis. 

Ciri Keluarga Harmonis yang Harus diketahui

Standar keluarga bahagia untuk setiap pasangan akan berbeda-beda, tetapi masih ada beberapa ciri yang umum untuk bisa menandakan hal tersebut, antara lain adalah :

1. Memiliki sikap untuk saling terbuka

Jujur dalam hubungan pernikahan itu wajib hukumnya baik itu dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari, berbagai hal yang menarik yang kamu alami, dan lain sebagainya. Lebih banyak pasangan kamu tahu tentangmu maka nantinya tidak akan ada kesempatan untuk saling curiga. 

Hal ini juga berlaku dari segi finansial yang tidak boleh saling menutupi dan jangan pernah berbohong dengan pasangan perihal apa pun itu. Jika suatu saat pasangan kamu tahu dari orang lain, maka itu bisa merubah kepercayaannya. 

2. Sehat secara finansial

Sehat secara finansial yang dimaksud adalah sudah memiliki perencanaan keuangan yang sangat baik, karena nantinya akan bisa menciptakan perasaan yang aman pada pernikahan. Sangat penting untuk tahu sumber penghasilan pasangan, total penghasilan, alokasi dan pengeluaran untuk setiap bulannya dll. Jika masih belum ada maka kamu bisa untuk meluangkan waktu untuk berdiskusi bersama pasangan. 

3. Berbagai tugas rumah

Tidak semua tugas rumah merupakan tanggung jawab istri, ini dapat dibicarakan bersama pasangan. Bicarakan tentang tugas rumah apa saja yang bisa dikerjakan secara sendiri maupun bersama. Jika nantinya tugas masing-masing sudah diputuskan maka tidak boleh ada yang komplain yang berlebihan justru nantinya bisa menimbulkan keributan yang kecil. 

4. Memiliki me-time untuk masing-masing

Keluarga bahagia pastinya akan paham setiap individu akan memerlukan untuk me-time agar bisa melepaskan penat dan juga rasa jenuh, bisa menyalurkan hobi, maupun menjadi bentuk dari aktualisasi diri. Memberikan dukungan terhadap hobi suami merupakan kewajiban dari istri dan itu juga berlaku sebaliknya. 

Saling memberikan ruang dan juga waktu merupakan salah satu kunci sukses dari keluarga bahagia. Jika waktu me-time istri maka suami harus dengan senang hati untuk menjaga anak di rumah, ketika memang tidak mempunyai pembantu di rumah. 

5. Saling menunjukkan kasih sayang

Menunjukkan kasih sayang dapat dilakukan secara sederhana, seperti sesibuk apa pun jadwal kerja menyempatkan diri untuk makan bersama keluarga. Bukan hanya sekedar bisa menikmati momen bersama keluarga, tetapi juga dapat membangun komunikasi yang baik antara keluarga.

Post a Comment

Previous Post Next Post