Tips Pilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Kemampuan Agar Tidak Menyesal

Salah jurusan ketika kuliah merupakan kondisi yang paling tidak menyenangkan. Anda menjadi tidak fokus mengemban ilmu karena merasa terlalu terbebani hati, jiwa dan raga. Oleh karena itu terapkan tips pilih jurusan kuliah berikut ini agar Anda tidak menyesal. 

Mau Jadi Apa Setelah Kuliah?

Agar Anda tidak salah memilih jurusan ketika mendaftar kuliah, sebaiknya pikirkan secara matang mengenai keinginan setelah selesai kuliah nanti. Anda harus mantap memutuskan untuk menjadi apa setelah kuliah. Hal ini akan membawa Anda kepada jurusan yang tepat nantinya. 

Umumnya orang yang gemar menimba ilmu akan melanjutkan magister agar mendapatkan ilmu tambahan. Namun ada pula orang yang memilih untuk membuka usaha setelah kuliah. Standarnya orang setelah selesai kuliah lebih memilih bekerja di kantor pemerintahan maupun perusahaan swasta. 

Oleh karena itu Anda harus memikirkan dengan baik tujuan setelah setelah kuliah. Memang tidak mudah memutuskan keinginan masa depan, tapi setidaknya Anda harus punya bayangan agar termotivasi saat kuliah. 

Tip memilih jurusan kuliah agar tidak menyesal

Jurusan Pilihan Sendiri

Kuliah itu Anda yang menjalankan, susah dan senangnya. Jadi jangan pernah sekali-kali Anda memutuskan pengambilan jurusan karena teman bahkan idola. Jurusan ikut-ikutan akan membuat Anda kesulitan di tengah masa kuliah yang berakhir pindah jurusan atau putus kuliah. Perlu diingat bahwa apa yang cocok bagi orang lain belum tentu cocok untuk diri Anda. 

Jangan pernah meremehkan pendidikan karena Anda akan menyesal ketika kuliah hanya untuk ikut-ikutan teman atau idola. Parahnya lagi kalau Anda ikut pacar agar satu jurusan, tidak ada yang tahu bagaimana kondisi hubungan Anda ke depan. Apabila tiba-tiba Anda putus di tengah masa kuliah lantas depresi karena setiap hari bertemu, bukannya malah tambah pusing dan malas? Jadi, ikuti kata hati dan putuskan dengan matang mengenai jurusan yang akan dipilih. 

Eksplorasi Interest

Tidak semua orang tahu kemampuan dan keinginannya sendiri karena ada beberapa yang sulit menentukan pilihan. Anda bisa menggunakan cara eksplorasi minat dengan melihat pelajaran yang membuat Anda tertarik di sekolah. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai mata kuliah yang ada di jurusan kuliah. 

Setelah itu langsung eliminasi jurusan yang membuat Anda tidak tertarik sama sekali untuk memudahkan menentukan pilihan. Biasanya orang akan sulit memilih hal yang paling disenangi, maka Anda bisa mengeliminasi hal yang paling tidak disukai terlebih dahulu. Cara menentukan jurusan kuliah ini mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan jurusan yang tepat. 

Jangan Andalkan Minat Bakat

Unsur yang menentukan ketika pilih jurusan kuliah memang minat dan bakat, tapi Anda tidak diperbolehkan hanya mematok hal tersebut untuk menentukan jurusan. Nanti Anda akan menjalani masa kuliah yang tidak seindah bayanganmu. Minat dan bakat perlahan akan berubah dalam waktu beberapa tahun ke depan. 

Oleh karena itu Anda harus memahami tentang kesukaan dan kemampuan yang dapat ditingkatkan menjadi potensi terbaik sesuai perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan. Seperti yang diketahui bahwa zaman semakin modern dan sulit untuk mencari uang. Anda harus memikirkan cara yang tepat agar tetap bisa bertahan hidup bahkan setelah kuliah selesai. 

Temukan Ikigai dalam Diri

Kesuksesan Jepang menjadi negara maju tidak lepas dari keberhasilan mereka dalam menemukan ikigai dalam dirinya. Ikigai merupakan istilah yang diberikan oleh masyarakat Jepang kepada tujuan hidup. Seseorang yang telah menemukan ikigai dalam dirinya akan mengetahui apa yang harus dilakukan kedepannya. Mereka akan berusaha lebih keras untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan cara apapun. 

Menemukan konsep ikigai dalam diri bisa dengan cara memikirkan apa kesukaan, apa keahlian, apa kebutuhan dunia dan apa yang membuat orang mau membayar Anda. Seseorang yang telah menemukan ikigai dalam dirinya akan merasa hidupnya semakin terarah. Anda tidak hanya memilih jurusan yang tepat tapi juga menemukan prioritas dalam hidup sehingga kehidupan menjadi lebih bermakna. 

Ketahui Potensi yang Ingin Dikembangkan Nanti

Ikigai yang telah ditemukan membuat Anda menjadi lebih tahu apa potensi diri yang perlu dikembangkan. Anda akan menghadapi tantangan untuk mencapai potensi dengan cara memupuk pengembangan diri diikuti dengan keahlian yang relevan. 

Fokus dan terus kembangkan potensi tersebut sehingga tanpa sadar Anda menikmati proses kuliah dengan baik. Anda juga akan termotivasi untuk lulus tepat waktu dengan nilai terbaik. Malas-malasan menjadi musuh besar Anda karena dapat menghalangi tujuan utama. 

Apabila Anda mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan tujuan, jangan mudah kecewa. Anda bisa melakukannya lagi dan berusaha lebih keras lagi. Ini akan membawa Anda ke ambang keberhasilan dengan pilih jurusan kuliah yang tepat. 

Riset Prospek Jurusan Kuliah

Anda bisa melakukan riset prospek dari masing-masing jurusan kuliah yang masuk dalam daftar tujuan. Telusuri internet untuk melihat alumni jurusan yang ada dalam daftar tujuan Anda. Apabila para alumni banyak mendapatkan pekerjaan yang sesuai maka Anda bisa mempertimbangkan untuk masuk di jurusan yang sama. 

Konsultasi dengan Orang Tua

Jangan lupa untuk konsultasikan dengan orang tua sebagai sumber dana pembayaran kuliah. Biaya kuliah masing-masing jurusan berbeda, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan orang tua agar tidak terlalu memberatkan. Jika memang tidak ingin salah memilih jurusan, Anda juga bisa mencari beasiswa untuk bisa kuliah di jurusan yang diinginkan. 

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk pilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah. 

Post a Comment

Previous Post Next Post