Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh yang Langgeng dan Bahagia

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Hubungan jarak jauh atau yang biasanya disebut dengan LDR  memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi kamu dan juga pasangan harus menyerah begitu saja. Hubungan LDR bisa menjadi langgeng jika kamu beserta pasangan bisa untuk mengatasinya. Ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa komunikasi, komitmen, keintiman di dalam sebuah hubungan jarak jauh akan lebih terasa positif. 

Tips Hubungan Jarak Jauh Tanpa Konflik

Sebelum kamu menjalani hubungan jarak jauh ini lebih baik jika mengenali pasangan terlebih dahulu dengan mendalam. Jangan hanya dilihat dari bagaimana dia bisa untuk menangani setiap permasalahan, dari interaksinya dengan teman dan keluarga. 

Jika kamu sudah memiliki keyakinan untuk dapat menjalani hubungan jarak jauh, berikut ini adalah tips untuk menjalani LDR yang bisa kamu pakai untuk tetap langgeng dan tanpa konflik dengan pasangan :

1. Saling percaya satu sama lain

Ketika pasangan sedang susah untuk dihubungi, belum tentu jika dia sedang berselingkuh. Bisa saja dia sedang mempunyai kesibukan yang lainnya dan tidak sempat untuk memberikan kabar kepada kamu. Selain itu mungkin saja dia sedang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. 

2. Usahakan selalu mempunyai pemikiran yang positif

Memiliki pemikiran yang positif dalam berhubungan LDR bisa sangat membantu. Hal ini juga akan mengatasi hubungan jarak jauh sering mempunyai konflik. Hindari dan juga abaikan pikiran-pikiran negatif yang berkaitan dengan LDR sebagai sebuah hubungan yang masih kurang dari sempurna. 

3. Menjadwalkan kunjungan untuk bertemu

Walaupun terpisahkan dengan jarak, kamu harus bisa untuk memberikan jadwal bertemu dengan pasangan. Ketika mempunyai waktu untuk bertemu, manfaatkan untuk bisa mengunjungi pasangan. Hal terpenting lainnya adalah kamu harus menyadari dengan kebutuhan biaya, transportasi, dan komunikasi yang tidak bisa dikatakan mudah. 

Selain itu harus bisa juga untuk menghadapi kenyataan, bahwa kamu dan juga pasangan perlu untuk menempuh jarak yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa bertemu. Ini sangat penting supaya nantinya kamu tidak memiliki pikiran berkorban demi membina sebuah hubungan. 

Jika jauh dengan pasangan jangan lupa untuk selalu aktif dengan berbagai kegiatan yang positif yang memiliki manfaat, supaya perhatian darimu bisa untuk teralihkan. Menerapkan hal yang satu ini bisa membuat hubungan jarak jauh tetap langgeng dan memberikan kebahagiaan selayaknya melakukan hubungan jarak dekat. 

4. Memiliki tujuan yang sama

Melihat satu sama lain sebagai tim yang mempunyai tujuan sama, serta rencana yang akan dijalankan juga sama. Hal ini bisa lebih menjaga hubungan jarak jauh dalam hal kepercayaan beserta pasangan yang berkaitan dengan masa depan dengan hubungan yang sedang dijalankan tersebut, 

5. Saling komunikasi secara tatap muka dengan memanfaatkan teknologi yang ada

Meskipun sudah saling berkirim pesan setiap harinya, masih tetap penting untuk bisa mendengar suara dan wajahnya secara langsung. Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah ada sekarang ini, yaitu dengan cara melakukan video call walaupun berada di lokasi yang berbeda. Cara yang satu ini bukan hanya bisa melepaskan rasa rindu, tetapi juga bisa untuk melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon untuk menumbuhkan kasih sayang sehingga kamu bisa merasakan perasaan nyaman. 

6. Saling kirimkan hadiah

Saling berjauhan bukan menjadi sebuah halangan untuk saling memberikan kejutan untuk pasangan. Pada era teknologi ini kamu bisa untuk mengirimkan hadiah disukai oleh pasangan kamu. Kamu juga bisa memesankan hadiah secara online dari sekitaran lokasi dia tinggal. 

7. Saling berbagi cerita

Memiliki Komunikasi yang baik dengan pasangan ketika berhubungan LDR, merupakan kunci dari suksesnya hubungan yang sehat. Walaupun dipisahkan dengan jarak berapa pun, pasangan LDR harus tetap saling menjaga komunikasi dengan baik lewat cerita kehidupan yang setiap harinya dijalaninya di lain tempat. 

Sebuah studi juga menunjukkan jika pasang LDR cenderung bisa untuk menceritakan lebih banyak sekali detail yang berkaitan dengan diri mereka, jika dibandingkan tidak menjalani LDR. Jangan sungkan bercerita secara mendetail tentang kegiatan yang dilakukan selama sehari itu terhadap pasangan. 

8. Nikmat waktu ketika berpisah

Ketika kita mengalami rasa rindu pastinya akan menjadi suatu yang paling bikin membuat sesak di dada, tetapi kamu bisa untuk menikmati waktu tersebut. Di mana kamu bisa lebih untuk mengontrol ketika kamu sedang berada jauh dari pasangan. Manfaat waktu ini untuk menikmati waktu sendiri. Misalnya kamu bisa untuk melakukan perawatan maupun berolahraga maupun belajar sesuatu yang baru. 

Mengenal Sisi Positif dari Hubungan LDR

Walau memiliki interaksi yang sangat terbatas, hubungan LDR ini memiliki dampak yang positif untuk semua hubungan antara lain :

1. Lebih menghargai waktu dengan pasangan

Pasangan LDR memang tidak bisa mudah bertemu begitu saja, pasangan LDR akan lebih bisa untuk menghargai waktu di setiap pertemuan.

2. Mempunyai hubungan yang kuat

Pengorbanan hubungan jarak jauh memang jauh lebih besar, sehingga membuat hubungan menjadi kuat. Berbagai macam rintangan yang dilalui ketika menjalani hubungan jarak jauh membuat menjadi lebih yakin, jika hubungan tersebut bisa sampai tahapan yang lebih serius lagi. Hal ini bisa tercapai jika antara pasangan mempunyai komitmen yang kuat, saling menghargai satu sama lain dan jujur. 

3. Memiliki ruang untuk bisa mengembangkan diri

Meskipun tidak bisa saling bersama setiap waktu, pasangan LDR akan lebih memiliki kecenderungan untuk bisa mengembangkan dalam kemampuan diri. Mereka nantinya akan lebih bisa fokus ketika mengejar karir, hobi yang paling disukai dan juga pendidikan. 


Post a Comment

Previous Post Next Post