Gangguan Mental: Contoh, Penyebab, Cara Penyembuhan

Gangguan mental

Keadaan mental seseorang selalu berbeda-beda. banyak hal yang akan menjadi penyebab gangguan mental seseorang tersebut. gangguan mental tak seluruhnya gila. Namun ada beberapa gangguan mental lain yang nantinya mungkin bisa mengarah ke kesehatan mental yang lebih buruk. Nah agar kalian lebih paham, artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mulai dari contoh gangguan mental dan beberapa hal lainnya.

Contoh gangguan mental

Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan mental yang kerap kali dialami oleh beberapa orang.

1. Depresi

Bisa dibilang jika depresi merupakan salah satu contoh gangguan terhadap mental yang kerap dan mudah dialami oleh seseorang. Dimana orang yang mengalami depresi akan selalu merasa sedih dalam kurun waktu yang cukup lama.

Jika seseorang dalam keadaan mental sehat biasanya akan mengalami keadaan sedih dalam kurun waktu wajar. Namun berbeda kasus jika yang mengalami hal tersebut adalah mereka yang menderita depresi.

Keadaan sedih yang dialaminya biasanya akan berada dalam kurun waktu yang terbilang cukup lama. coba lihat orang sekitarmu mulai sekarang. apakah mereka memiliki keadaan sedih secara terus-menerus.

Jika iya, bisa jadi mereka sedang mengalami fase depresi. Coba bantu mereka untuk bangkit dari keadaan terpuruk tersebut.

2. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan juga bisa dibilang sebagai salah satu kondisi kesehatan mental yang begitu buruk. Penderita gangguan ini akan mengalami kecemasan berlebihan dalam kurun waktu cukup lama. bahkan ketika ia sedang menjalani aktifitas sehari-hari bisa saja mengalami gangguan kecemasan ini.

Selain itu mereka yang mengalami gangguan kecemasan biasanya juga akan susah dikendalikan ketika rasa panik dan cemas mereka dapatkan. Jika orang sekitar kalian mengalami gangguan kecemasan. Cobalah bantu mereka untuk bisa sembuh dari keadaan tersebut.

3. Gangguan tidur

Tak banyak yang tahu jika gangguan tidur juga salah satu hal yang masuk kategori gangguan mental. Dimana orang yang mengalami kondisi ini akan merasa sulit tidur, mimpi buruk, atau bahkan mudah tertidur.

Terbilang sepele, namun kondisi ini juga bisa menyerang kesehatan penderita jika tak begitu ditangani. Banyak penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami kondisi gangguan tidur ini.

4. Gangguan bipolar

Setiap orang pasti memiliki suasana hati yang berbeda-beda. namun bagaimana jika ada orang yang bisa memiliki kondisi suasana hati yang bisa berubah drastis dalam jangkauan waktu tertentu. nama dari kondisi tersebut adalah gangguan bipolar.

Mereka akan mengalami rasa senang, sedih, putus asa dalam jangkauan waktu tertentu dan tak menentu ketika perubahan yang dialaminya.

5. Skizofrenia

Berikutnya ada Skizofrenia, dimana penderita akan mengalami kondisi keluhan halusinasi, delusi, hingga kekacauan dalam berperilaku. Mereka yang mengalami gangguan Skizofrenia akan susah dalam membedakan kenyataan dan apa yang ada di pikirannya.

Penyebab gangguan mental

Seperti pada penyakit lainnya, gangguan metal juga disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab dari gangguan mental ini dibagi menjadi dua faktor. faktor biologis dan faktor psikologis. Berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya gangguan mental pada seseorang.

  • Faktor biologis
  • Adanya gangguan pada fungsi otak
  • Adanya infeksi seperti bakteri
  • Adanya kelainan dari lahir atau cedera pada bagian otak
  • Adanya kerusakan pada otak yang diakibatkan oleh benturan
  • Adanya kekurangan oksigen pada bagian otak ketika bayi
  • Adanya keturunan gangguan mental
  • Pengidap obat terlarang
  • Adanya kekurangan nutrisi
  • Faktor psikologis
  • Adanya faktor trauma yang pernah ia alami
  • Kehilangan orang tua ketika masih kecil
  • Susah bergaul dengan orang lain
  • Perceraian
  • Ditinggalkan oleh pasangan
  • Adanya perasaan rendah diri, tidak mampu, kondisi marah, atau kesepian.

Beberapa penyebab di atas memang bisa membuat seseorang mengalami kondisi gangguan mental.

Gejala gangguan mental

Ketika kalian sudah mengetahui apa saja yang mempengaruhi kondisi gangguan mental. Tak lengkap rasanya jika tidak membahas gejala dari mereka yang mengalami gangguan mental. Berikut adalah beberapa gejala yang akan dialami oleh mereka yang terkena gangguan mental.

  • Adanya delusi yang artinya mereka akan selalu meyakini jika sebuah imajinasi adalah sebuah kenyataan.
  • Adanya halusinasi yang artinya mereka mengaku mendengar, melihat, merasakan sesuatu yang tidak nyata seolah-olah itu ada.
  • Keadaan hati atau mood mudah berubah dalam jangkauan waktu tertentu atau bisa dalam kurun waktu yang lama ketika keadaan tersebut terjadi.
  • Adanya perasaan sedih namun tak kunjung selesai. bahkan hingga kurun waktu satu bulan lebih.
  • Adanya perasaan cemas terhadap sesuatu secara berlebihan dalam kurun waktu yang lama.
  • Gangguan makan karena takut akan hal yang belum terjadi seperti berat badan bertambah. Biasanya mereka akan memuntahkan apa yang sedang dimakan.
  • Pola tidur yang selalu berubah tak menentu. Contohnya mudah mengantuk, mudah tidur, susah tidur.
  • Menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Memiliki rasa marah namun dalam kondisi berlebihan.
  • Melakukan kegiatan tak wajar seperti teriak-teriak tak jelas, berbicara sendiri, tertawa sendirian.

Cara mudah meningkatkan kesehatan mental

Memang benar ada cara untuk mengatasi kesehatan mental secara spesifik seperti berobat ke dokter dan melakukan terapi. Namun ada juga lho pengobatan kesehatan mental yang bisa dilakukan secara sederhana.

Apa saja itu ? berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan mental.

1. Istirahat

Beberapa orang yang memiliki jam kerja terlalu padat memang rentan terkena gangguan mental. Maka dari itu salah satu cara mudah untuk lebih memahami dan menjaga kesehatan mental adalah dengan beristirahat.

Jauhkan dirimu dari pekerjaan dan lakukan istirahat. Hal ini akan lebih mempermudah untuk mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik.

2. Tidur tepat waktu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika gangguan mental dapat disebabkan oleh sebuah kondisi kurang tidur. Tentunya memiliki kualitas tidur yang lebih baik bisa dijadikan sebuah cara untuk menjaga kesehatan mental.

Cobalah untuk tidur lebih tepat waktu, hindari bermain gadget, dan tidak konsumsi minuman kafein agar bisa lebih mudah untuk tidur tepat waktu.

3. Bercerita

Tak semua dipendam sendiri adalah jawaban terbaik. terkadang lebih terbuka adalah jalan keluar yang bisa dilakukan agar bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental. Cobalah untuk bercerita kepada temanmu apa yang sedang dirasakan. Dengan begitu kamu akan jauh lebih lega dan ringan ketika ada masalah yang menerjangmu.

4. Konsumsi makanan enak

Konsumsi makanan enak ternyata juga bisa lho membantumu mendapatkan kondisi mental yang lebih baik. namun makanan enak disini adalah makanan dengan gizi yang terpenuhi. seperti konsumsi makanan dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

5. Berolahraga

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi suasana hati yang kurang baik adalah dengan berolahraga. Tak perlu yang berat, berolahraga seperti jogging bisa kalian lakukan.

Dengan memahami gejala, contoh gangguan mental, cara mengatasinya seperti pada penjelasan di atas. Tentunya kalian akan lebih bisa mengatasi dan memahami bagaimana pentingnya kesehatan mental.


Post a Comment

Previous Post Next Post