Pentingnya Pemahaman Tentang Kesehatan Mental

Pentingnya Pemahaman Tentang Kesehatan Mental

Jika membicarakan tentang kesehatan, maka biasanya yang lebih ramai dibicarakan adalah mengenai kesehatan fisik semata, padahal kesehatan mental juga merupakan kesehatan diri yang penting untuk kita jaga. Bahkan kesehatan mental ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik, ketika kesehatan mental Anda terganggu maka lama kelamaan juga bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik, seperti misalnya saat Anda terlalu banyak berpikir, tubuh menjadi terasa tegang, kepala pun sakit, tekanan darah naik. Jika dibiarkan terus menerus maka bisa memicu penyakit berbahaya seperti migrain, vertigo, hipertensi, penyakit jantung dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan sepelekan  kesehatan mental Anda. Agar Anda senantiasa sehat lahir dan batin, maka perhatikanlah kesehatan fisik dan mental secara seimbang.

Jika Anda membutuhkan seseorang untuk diajak berbicara maka janganlah Anda sungkan untuk berbicara kepada teman terdekat atau kepada psikiater. Sayangnya hingga saat ini datang dan berkonsultasi kepada psikiater masih menjadi hal yang tabu di masyarakat, seolah-olah orang yang datang ke psikiater hanyalah orang gila. Padahal semua orang pada dasarnya mengalami gangguan jiwa namun tergantung skalanya dan bagaimana cara mengatasinya. Datang ke psikiater tidak melulu karena Anda merasa ada gangguan jiwa yang terjadi, namun Anda pun bisa datang hanya untuk membicarakan masalah-masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari Anda. Gangguan kesehatan mental bisa terjadi karena adanya sebuah masalah atau peristiwa yang memberikan dampak yang besar pada Anda. Gangguan kesehatan mental bisa ditandai dengan stress atau depresi, merasa cemas, tidak percaya diri atau tidak suka bertemu dengan orang/ menyendiri, dan lain sebagainya.

Gejala Kesehatan Mental

Agar Anda bisa mengenali gejala kesehatan mental yang mungkin terjadi pada Anda belakangan ini maka tentunya Anda akan membutuhkan informasi yang tepat mengenai apa saja gejala kesehatan mental yang biasanya terjadi, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Kehilangan Konsentrasi

Hal ini bisa terjadi karena banyaknya pikiran yang sedang Anda pikirkan atas permasalahan yang sedang Anda hadapi, sehingga Anda kesulitan berkonsentrasi dan menyebabkan kegiatan Anda sehari-hari menjadi terganggu. Gejala ini bisa dialami oleh siapa saja.

2. Kekhawatiran atau perasaan bersalah menghantui

Hal ini bisa dikarenakan oleh kejadian yang menimpa Anda, kemudian Anda merasa bahwa itu kesalahan Anda, akhirnya Anda selalu merasa khawatir dan juga bersalah sepanjang waktu.

3. Emosi tidak bisa dikontrol

Karena pikiran dan perasaan Anda berkecamuk, maka Anda menjadi lebih sensitif dan akhirnya emosi Anda sering tidak bisa dikontrol, Anda sering marah-marah kepada orang lain. Ketika ada orang yang melakukan kesalahan kecil, Anda menjadi marah dan gusar. Pada saat  kesehatan mental sedang terganggu, segala hal bisa menjadi menyebalkan bagi Anda.

4. Malas Bertemu Orang Lain

Kemudian lama kelamaan Anda menjadi menarik diri, karena merasa tidak nyaman dengan orang lain, karena Anda kesulitan bersosialisasi dengan perasaan Anda yang tidak menentu.

5. Merasa Bingung

Anda pun lama kelamaan menjadi bingung dan linglung, tidak ada yang terasa benar di hari-hari Anda

6. Sedih, Merasa Tidak Berdaya

Akibatnya Anda tidak lagi bisa mengontrol diri Anda secara keseluruhan, Anda merasa tidak memiliki tenaga, sedih dan tidak ingin melakukan apapun.

Selain beberapa gejala di atas pun masih ada gejala lainnya yang berbeda-beda dialami oleh setiap orang. Semua gejala kesehatan mental itu pastinya akan sangat mengganggu Anda dalam kehidupan, bahkan ada banyak orang yang karena tidak bisa mengatasinya akhirnya benar-benar menarik diri bahkan keluar dari pekerjaan.

Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental

Apakah Anda merasa sedang mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan sebelumnya? Ketahuilah bahwa jika tidak ditanganani dengan baik maka bisa menyebabkan keadaan gangguan kesehatan mental yang lebih serius. Maka dari itu Anda harus bisa mencegah gangguan kesehatan mental agar tidak menjadi-jadi. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gangguan kesehatan mental :

1. Paksa Diri Anda Untuk Melakukan Aktivitas Fisik Yang Bermanfaat

Kesehatan fisik dan kesehatan mental memang selalu beriringan satu sama lain, maka dari itu jika Anda merasa bahwa kesehatan mental Anda terganggu, Anda bisa mencoba diri Anda untuk melakukan aktivitas yang memacu fisik Anda seperti misalnya olahraga. Tidak perlu olahraga yang sulit dan terlalu banyak memakan waktu. Jogging sepulang bekerja selama 1 jam saja sudah cukup untuk membantu tubuh Anda menjadi lebih rileks. Daripada Anda habiskan waktu Anda dengan berdiam diri di rumah dan meratapi kesedihan Anda, akan lebih baik jika Anda berolahraga. Karena tubuh Anda yang lelah maka bisa jadi kemudian perasaan Anda menjadi lebih baik dan sesampainya di rumah Anda bisa tidur dengan lebih nyenyak karena kelelahan berlari. Tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran pun lebih terasa jernih setelah berolahraga. Cobalah paksakan diri Anda untuk melakukan olahraga seperti jogging, dijamin bisa membuat perasaan menjadi lebih baik. 

2. Melakukan Hobi Anda

Jika Anda memiliki sebuah hobi untuk dilakukan, bagaimana jika Anda melakukannya saat ini juga, saat perasaan Anda sedang tidak menentu. Melakukan kegiatan yang Anda senangi pastinya bisa berdampak baik bagi kesehatan mental Anda karena kegiatan yang Anda senangi tersebut bisa membuat Anda fokus pada kegiatan tersebut dan lama kelamaan membuat perasaan Anda membaik. Jika Anda belum tahu hobi apa yang sebaiknya Anda lakukan, maka ini juga bisa menjadi kesempatan yang baik untuk Anda melakukan hal yang baru dan bertemu orang-orang baru.

3. Bertemu Dengan Orang-Orang Yang Anda Sayangi

Bertemu dengan orang-orang yang Anda sayangi juga bisa menjadi penyembuh bagi kesehatan mental Anda yang sedang terganggu. Terutama sangat disarankan untuk bertemu dengan orang-orang yang menyayangi Anda dengan tulus seperti misalnya orangtua atau saudara Anda. Pada saat Anda bertemu dengan mereka, Anda tidak perlu berbicara mengenai masalah Anda jika Anda tidak nyaman. Cukup melakukan berbagai hal bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi tersebut maka dipastikan bisa membantu kesehatan mental Anda menjadi kembali seperti sedia kala.

4. Berlibur Ke Tempat Yang Belum Pernah Disinggahi

Hal ini juga menjadi salah satu rekomendasi ketika Anda merasa kesehatan mental Anda terganggu. Berlibur dan melihat hal-hal yang baru bisa menjadi proses penyembuhan bagi jiwa Anda yang sedang merasa sedih. Makan makanan enak di tempat yang baru bisa membuat Anda merasa lebih baik. Tidak perlu berlibur terlalu jauh atau beramai-ramai, berlibur seorang diri pun sangat dianjurkan, agar Anda bisa memiliki waktu untuk memikirkan segalanya sendiri dan kemudian menyembuhkan diri Anda sendiri, Karena pada dasarnya kunci kesehatan mental itu ada pada diri Anda sendiri. Jika Anda sudah merasa tidak sanggup lagi dengan perasaan dan emosi Anda, maka menepilah sejenak, beristirahat sejenak dan berikan waktu bagi diri Anda untuk sembuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post