Yuk ! Mengenal Tanda – Tanda Memiliki Hubungan Pacaran Yang Sehat

Tanda tanda memiliki hubungan sehat
Foto oleh Jasmine Carter dari Pexels

Memiliki hubungan pacaran yang baik merupakan kebutuhan dan juga kewajiban, dibandingkan mencari kenyamanan antar pasangan, jika mempunyai hubungan pacaran yang tidak sehat justru rasa tidak nyaman bisa datang. Oleh sebab itu, kamu bisa melihat sudahkah kamu menjalin hubungan pacaran yang sehat dengan pasangan. 

Hubungan pacaran yang sehat merupakan sebuah hubungan yang mempunyai kedekatan dan lebih banyak memberikan kesenangan. Selain itu rasa nyaman juga lebih banyak di dapat dibandingkan dengan perasaan stres. 

Tanda – tanda Hubungan Pacaran yang Baik dan Sehat

Menjalani sebuah hubungan cinta yang romantis, tidak bisa memberikan jaminan jika hubungan yang sedang dijalankan dalam keadaan baik. Banyak sekali pasangan yang memiliki komitmen untuk menjalin hubungan yang serius tetapi menyembunyikan banyak hal di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa tanda jika kamu sudah memiliki hubungan pacaran yang sehat :

1. Lebih mengutamakan dalam berkomunikasi dan saling mendengarkan

Pertama cara mempertahankan hubungan pacaran yang sehat adalah saling terbuka pada saat berkomunikasi dan mau mendengarkan pasangan. Pasangan kekasih yang mempunyai hubungan pacaran yang sehat sudah menyadari bahwa yang ada dalam pikiran mereka hanya mereka sendirilah yang tahu. Maka dari itu kemampuan dalam melakukan komunikasi dan juga mendengarkan merupakan hal paling penting untuk pasangan. 

Pacaran bisa mempunyai masalah jika di pihak masing-masing sudah merasa jika mereka tidak harus menyampaikan keinginannya karena seharusnya pasangannya tersebut sudah tahu dengan apa yang diinginkan, tanpa harus memberitahukannya. 

2. Tidak saling mengendalikan dan mendominasi

Hubungan pacaran yang sehat harus saling menempatkan sebagai sosok yang saling sejajar dan juga seimbang. Jika nantinya ada yang lebih dominan, umumnya dialah yang akan paling sering mengatur, mendominasi pasangan dan mengendalikan. Misalnya seperti membatasi pasangan untuk bergaul, berpenampilan dll. 

Pasangan yang sehat harusnya mempunyai pendapatnya masing-masing dan harus saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya. Tidak ada yang mengatur dan mengendalikan kehidupan yang dijalani pasangan. 

3. Menghargai batasan masing-masing

Pacaran sehat harus bebas dari paksaan, karena itu penting untuk setiap pasangan memberikan batasan-batasan yang sesuai dengan keinginan. Misalnya batasan fisik yang tidak ingin dicium, disentuh dan lain sebagainya. 

Hubungan yang sehat, jika salah satu pihak sudah memberikan pernyataan tertentu maka pasangannya harus bisa menghormati dari batasan tersebut dan tidak akan memaksakan. Pasangan kamu mungkin juga akan memberikan batasannya sendiri. Jika nantinya salah satu ada yang terus melanggar, berarti hubungan pacaran yang tidak sehat sudah terjadi. 

4. Tidak memberikan tuntutan terhadap pasangan agar selalu membahagiakan

Tanda hubungan yang sedang kamu jalani sehat adalah yang mana jika sama-sama mempunyai anggapan kebahagiaan datang dari dirinya sendiri. Bukan justru menganggap pasangan itulah sebagai sumber kebahagiaannya dan pasangan harus memiliki tanggung jawab untuk selalu membahagiakannya. 

Kesadaran jika kebahagiaan itu memang datangnya dari diri sendiri bisa untuk membuat untuk berharap terlalu tinggi. Justru, harus saling mempunyai inisiatif yang besar untuk bisa saling mengembangkan dan memperbaiki diri supaya kelak lebih bahagia dan tidak sibuk untuk memperbaiki pasangannya. 

5. Bisa mengelola konflik dengan sangat baik

Ketika berada dalam hubungan pacaran sehat, konflik tidak akan menjadi akhir dari segalanya. Konflik harus bisa diterima sebagai salah satu bagian alami yang ada di dalam kehidupan. Jika kamu beserta pasangan bisa mengatasi berbagai macam konflik dengan menggunakan pikiran yang dingin sampai permasalahan terselesaikan, merupakan tanda kamu sudah berada dalam hubungan yang sehat. 

Sebaliknya jika setiap terjadi konflik kamu dan pasangan saling memberikan ancaman untuk putus bahkan sampai terjadi kekerasan, berarti kamu sudah berada dalam hubungan yang toxic. 

Batasan – batasan Khusus dalam Hubungan Pacaran yang Sehat

Batasan itu layaknya sebuah pagar yang ada di rumah milikmu, dan kamu merupakan penjaga dari pintu pagar tersebut. Hanya kamu yang bisa menentukan orang lain bisa masuk sejauh apa. Batasan ini ada supaya nantinya kamu bisa untuk mengendalikan diri dan tidak ada kesalahan dalam hubungan pacaran. 

Setidaknya akan ada 4 poin yang paling penting yang dapat membuat hubungan pacaran kamu lebih banyak mendatangkan kesenangan jika dibandingkan dengan stres. Hal itu terdiri dari harus saling memberikan kepercayaan, melakukan komunikasi yang baik, jujur dan saling menghargai. 

Kita harus bisa memahami dalam sebuah hubungan harus mempunyai batasan dan aturan yang berlaku untuk dapat menghindari situasi yang terburuk nantinya. Batasan tersebut bisa terdiri dari :

1. Memberikan keluhan secara berlebihan

Jangan memberikan keluhan tentang berbagai hal kecil karena nantinya justru akan lebih banyak menimbulkan keributan dan lebih melihat ke kita jika memiliki pemikiran yang negatif yang tidak bisa untuk dibahagiakan dengan cara apa pun. Ketika akan mengeluh tentang sesuatu, pikiran sejenak apakah itu perlu maupun mengabaikan hal tersebut. 

2. Menebarkan hal yang negatif

Di dalam hubungan pacaran hindari untuk membentak pasangan untuk hal kecil, karena justru akan membuat kehadiran kamu tidak nyaman dan tenang. Hal negatif inilah yang harus dihindari untuk menciptakan hubungan yang sehat, 

3. Meminta sesuatu secara berlebihan

Pada saat menjalin hubungan pasti tidak ingin memiliki pasangan yang selalu menuntut. Meminta waktu pasangan, hadiah memang wajar untuk dilakukan tetapi jika terlalu berlebihan bisa membuat hubungan tersebut tidak wajar jadinya dalam hal ini harus mempunyai batasannya. 

Terutama jika itu merupakan tuntutan yang konstan yang tidak penting dan terlihat menjadi lebih matre dan memberikan kesan yang buruk terhadap kesaksiannya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post