Simak Teknologi Indonesia yang Membuat Negara Lain Takut

Foto by Liputan6

Mungkin sebagian orang masih menganggap remeh dan berpikir jika teknologi Indonesia tidak lebih canggih dari teknologi Negara lain. Nyatanya, ada beberapa teknologi asli Indonesia yang sudah canggih bahkan membuat Negara lain merasa takut dan enggan. Tak jarang jika teknologi tersebut justru diekspor ke Negara lain atau Negara tetangga, misalnya saja seperti Thailand dan Singapura.

Apakah anda penasaran teknologi apa saja itu? Anda bisa langsung dapatkan informasi terkait teknologi di Indonesia yang disegani Negara lain di sini. Di saat banyak masyarakat yang justru bangga dengan teknologi yang berasal dari Amerika atau Negara besar lainnya,  beberapa teknologi Indonesia terbaru berikut ini justri ditakuti oleh banyak Negara lainnya.

Pesawat Hercules C-130

Teknologi yang berasal dari Indonesia ini banyak ditakuti oleh Negara lain. Pesawat ini merupakan pesawat angkut militer yang mempunyai nama Lockhead Martin C-130 Hercules dan disingkat menjadi Hercules C-130. Pesawat ini mempunyai empat mesin turboprop yang sering digunakan di pesawat angkut militer. Awalnya pesawat ini hanya digunakan untuk mengangkut kargo dan tentara, namun akhirnya mempunyai tugas lainnya seperti pengisian bahan bakar, pengamatan cuaca, ambulans udara, bahkan bisa juga digunakan sebagai pemadam kebakaran.

Kemampuannya yang beragam yang membuat pesawat jenis ini dinilai mempunyai keunggulan nya sendiri. Bahkan pesawat ini juga bisa mendarat dan lepas landas dari runway yang pendek atau bisa mendarat dalam keadaan darurat. Tak heran jika pesawat jenis ini juga menjadi salah satu pesawat andalan Indonesia.

Kapal Selam KRI jenis Nagapasa-403

Kapal selam buatan dari Negara Korea Selatan satu ini sudah menjadi salah satu teknologi tercanggih yang Indonesia miliki dan membuat Negara lain merasa takut. Kapal Selam Nagapasa-402 ini adalah kapal selam yang berada di kelas 209/1400 pertama dari tiga kapal selam serupa yang dibuat oleh pihak Korea Selatan untuk Indonesia. Jika berbicara tentang keunggulannya, kapal satu ini bisa berlayar lebih dari 50 hari dan bisa menampung awak kapal sebanyak 40 orang.

Tak hanya itu saja. Kapal selam ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti 8 buah tabung untuk peluncur torpedo yang bahkan bisa meluncurkan torpedo ukuran 522 mm dan adanya peluru kendali anti kapal menuju ke permukaan. Kapal selam ini mempunyai panjang 6.13 meter dengan kecepatan sekitar 20 knot saat di bawah air. Tak heran jika teknologi Indonesia canggih menjadi kebanggaan Indonesia.

Rudal Udara Raytheon AGM 65K2

Teknologi ini disebut-sebut sebagai rudal udara tercanggih dari TNI AU dan sudah menjadi senjata andalan yang digunakan oleh Skadron Udara dengan 10 unit F-16 dan seri 24 F-16. Rudal ini mempunyai diameter 300 mm dengan panjang kurang lebih 2,50 meter. Rudal ini bahkan bisa menempuh jarak tembak sampai 24 kilometer dengan adanya kecepatan sampai 1.100 km/ jam. Bahkan saking canggihnya, banyak Negara lain seperti Malaysia, Amerika, Israel, Turki, dan berbagai Negara lainnya juga menggunakan jenis rudal satu ini.

Smoke Warhead

Jenis teknologi ini berbeda dengan teknologi sebelumnya, Smoke Warhead ini adalah teknologi militer yang asli dari Indonesia yang bahkan menurut kabarnya bisa mengungguli teknologi sejenis yang berasal dari Amerika Serikat dan Rusia. Teknologi Indonesia satu ini merupakan kepala roket yang mempunyai diameter 70 ml yang dapat memberikan informasi pada pilot terkait posisi jatuh roket dengan mengeluarkan asapnya selama kurang lebih dua menit. Bahkan, teknologi satu ini sudah banyak diekspor ke banyak Negara lain.

Rudal Udara RBS-15 MK3

Rudal satu ini juga dikenal dengan sebutan RBS-15 adalah senjata peluru kendali untuk anti kapal atau fire and forget yang sudah dikembangkan oleh salah satu produsen yang berasal dari Jerman dan Swedia. Rudal ini dibuat untuk menyerang target di sektor perairan ataupun daratan dengan keunggulan utamanya yaitu bisa diletakkan di kapal-kapal yang berukuran kecil, kapal untuk patroli, dan kapal perang yang mempunyai ukuran besar.

Dilengkapi dengan teknologi perencanaan penembakan yaitu MEPS/ Missile Engagement Planning System, rudal satu ini bisa ditembakkan di berbagai cuaca dan wilayah. Rudal ini juga mempunyai jangkauan 200 km dan dapat melesat sampai kecepatan 0.9 mach atau sekitar 1111 km per jam uga bisa diluncurkan dari truk, pesawat, bahkan kapal.

Pansero Anoa Indonesia

Panser Anoa satu ini merupakan kendaraan lapis baja asli Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan yang juga memproduksi Smoke Warhead. Di tampilan luarnya, jenis kendaraan militer satu ini terinspirasi dari hewan asli Sulawesi lalu dilapisi oleh Armoured Glass dan Monocoque Steel. Kendaraan ini mempunyai panjang kurang lebih 6 meter, lebar 2.5 meter, dan tinggi 12.5 meter. Kendaraan panser Anoa ini bisa ditumpangi maksimal 12 awak.

Panser Anoa digunakan sebagai kendaraan militer yang sudah dilengkapi dengan banyak persenjataan yang mumpuni seperti senapan mesin 7.62 mm, granat CIS 40. Senapan mesin 12.7 mm, dan Smoke Grenade. Tak heran jika teknologi Indonesia canggih ini menjadi salah satu kendaraan militer yang dibanggakan mengingat kecanggihannya.

Tank Leopard 2RI

Tank satu ini adalah pengembangan dari tank Leopard 2 Revolution yang dibuat di Jerman dan bahkan tank ini disebut sebagai salah satu jenis alat utama untuk persenjataan/ alutsista canggih untuk kebutuhan TNI yang banyak ditakuti oleh Negara lainnya. Sistem perlindungan utama dari tank ini berasal dari lapisan blok komposit AMAP atau Advanced Modular Armour Protection yang mempunyai sistem perlindungan 360 derajat yang bisa melindungi dari berbagai sudut atau sisi.

Persenjataan tersebut juga sudah disesuaikan dengan medan dan kondisi tank akan dipakai yang biasanya lebih rentan dengan berbagai ancaman seperti rudal anti tank dan roket. Lalu untuk sistem persenjataannya, tank satu ini juga dilengkapi dengan meriam 120 mm L44.

Senapan SPR2

Senapan SPR2 dibuat oleh PT Pindad yang bahkan membuat dunia militer di tingkat Internasional kaget. Hal ini dikarenakan senapan untuk kopassus satu ini dapat menjangkau targetnya dengan jitu dengan jarak kurang lebih 2 km. Senapan ini memang dibuat untuk Kopassus dan ternyata membuat dunia sniper tingkat internasional menjadi gempar. Bahkan senjata satu ini juga ditakuti oleh Negara lainnya. Bahkan pelurunya juga bisa menembus kendaraan berlapis baja.

Robot Tank asli Indonesia

Mahasiswa dari ITS Bogor membuat Indonesia tidak tertinggal di bidang teknologi di bidang pertahanan dan keamanan. Teknologi Indonesia terbaru nantinya membuat tank bisa dikendalikan dari remote control, dan akan dirakit dan diproduksi sendiri. Namun, robot tank satu ini belum bisa diproduksi secara massal karena masih berbentuk purwarupa. Tank ini nantinya diberi nama yaitu War-V1.

Itulah beberapa teknologi teknologi Indonesia yang sudah tersohor karena ketangguhannya dan bahkan membuat beberapa Negara lainnya merasa takut. Meski demikian, beberapa di antaranya mungkin bukan buatan asli Indonesia namun dibuat di Negara lainnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post